Kepolisian China Dengan Sigap Ciduk Pembuat Cheat CS:GO Di China

in , ,

CS:GO adalah salah satu game FPS yang bisa dibilang paling ramai dimainkan di dunia. Game hasil developer Valve ini memang bisa dibilang punya komunitas yang cukup besar, beserta E-Sport scene yang sangat besar. Membuat game ini memang cukup viral dimana-mana termasuk Indonesia meski sudah lebih dari 5 tahun dirilis di Steam.

Belakangan ini Valve memberikan izin ke Perfect World untuk merilis CS:GO di China dengan gratis. Hal ini mungkin sebuah rencana dari Valve untuk meningkatkan jumlah pemain di daratan China serta meningkatkan tensi persaingan pada E-Sport dari CS:GO. Karena jika melihat seberapa seriusnya pemain China di DOTA2, hal itu mungkin dirasa dapat berdampak baik bagi CS:GO juga.

Namun pada setiap perjalanan, pasti ada-ada saja yang bisa terjadi. Termasuk mulai banyaknya cheat-cheat CS:GO yang beredar di server China. Bahkan ada cheat yang malah diperjualbelikan oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang membuat Perfect World sebagai pengelola server geram dan dengan sigap melaporkannya ke kepolisian setempat.

Ternyata tak membutuhkan waktu lama bagi pihak kepolisian untuk berhasil menciduk pelaku pembuat sekaligus penjual cheat CS:GO yang beredar di Server China tersebut. Seseorang disebut sebagai Mr.Pan alias PanMou ditangkap oleh kepolisian China akibat telah melanggar beberapa hukum di China akibat membuat dan memperjualbelikan Cheat CS:GO.

Hal ini mulai muncul kepermukaan setelah PerfectWorld berhasil mendeteksi dan memban secara permanen beberapa pemain yang dituduh dan terbukti menggunakan Cheat dalam bermain CS:GO. Cheat berwujud plug-in yang bernama “CS:GO Daniels” ini sempat ramai dan membuat banyak orang berminat untuk mengeluarkan beberapa ribu Yuan untuk mendapatkannya.

Namun naas bagi Mr.Pan yang akhirnya harus ditahan polisi dan harus menjalani persidangan akibat kelakuan yang ia buat yang pastinya memiliki dampak negatif tersendiri bagi Perfect World. Hukuman yang bisa dijatuhkan hakim untuk Mr.Pan adalah hukuman penjara maksimal 15 tahun. Tak cuman itu, Ia juga bisa terkena denda berkali-kali lipat daripada keuntungan yang ia raup.

Meski sampai sekarang belum jelas kepastian dari Mr.Pan alias PanMou yang fotonya sudah banyak beredar di dunia maya, khususnya forum CS:GO dunia, namun hal ini nampaknya bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi seluruh pembuat Cheat di China maupun di dunia. Bahwa pembuatan Cheat bisa dikategorikan sebagai tindakan yang merugikan beberapa pihak yang pastinya bisa dipidanakan.

Entah apa rencana Perfect World kedepannya dengan CS:GO dan bagaimana menanggulangi hal ini untuk tidak terjadi lagi, tapi pastinya banyak orang di komunitas CS:GO dunia berharap bahwa adanya efek jera setelah kejadian yang dialami oleh Mr.Pan ini. Karena sebuah cheat hanyalah sebuah kesenangan sesaat bagi pemakainya, namun bisa merusak perspektif orang pada game tersebut.

Sekiranya begitulah kisah yang terjadi di negeri China beberapa hari yang lalu. Untuk kepastian hukuman yang diterima Mr.Pan dan bagaimana tindakan PerfectWorld selanjutnya akan dikabarkan lebih lanjut pada nantinya. Kalau menurut kalian sendiri, apakah langkah Perfect World ini merupakan langkah yang tepat ? Bagaimana jika para developer atau publisher lain juga mencontoh Perfect Wolrd ?

Yuk tulis pendapat kamu dikolom komentar dibawah!


Source

Lis Adikarta

Written by Lis Adikarta

Penulis rumahan, menulis hal-hal tentang DOTA2 & Pokemon. Waiting List buat jadi Pengangguran.