Kerja Sama dengan MyRepublic, Skyegrid Mantapkan Layanan dan Pengalaman Cloud Gaming Indonesia

in

Beberapa tahun belakangan ini industri video game bisa dikatakan sedang cukup gencar-gencarnya menawarkan layanan Cloud Gaming. Beberapa diantaranya yang mungkin pernah kamu dengar seperti Google Stadia, PlayStation Now milik Sony, Project xCloud milik Microsoft dan masih banyak lagi.

Konsep dan tujuan dari Cloud Gaming sendiri adalah memberikan pengalaman bermain game dengan lancar cukup dengan koneksi internet tanpa perlu memikirkan spesifikasi PC. Walau demikian, agaknya tidak sedikit pihak yang meragukan layanan maupun kesiapan dari Cloud Gaming tersebut untuk gamer secara luas.

Indonesia sendiri juga sudah miliki beberapa layanan Cloud Gaming, salah satunya adalah Skyegrid yang telah mengudara sejak tahun 2018. Walau tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi per-internet-an di Indonesia belum merata, bahkan miliki kecepatan internet yang jauh lebih lambat dari banyak negara lainnya, agaknya membuat penetrasi layanan Cloud Gaming di Indonesia menjadi sulit.

Mencoba menjawab tantangan tersebut, pada tanggal 15 Oktober 2019 yang lalu, Skyegrid resmi melakukan kerja sama dengan ISP MyRepublic, dalam menghadirkan layanan dan pengalaman bermain Cloud Gaming yang maksimal di Indonesia.

Pihak MyRepublic sendiri menjelaskan bahwa 80% pelanggannya menggunakan internet untuk kebutuhan bermain video game, dan setidaknya lebih dari 3 kali dalam seminggu. Hal ini yang tentunya juga mendorong MyRepublic untuk semakin memantapkan layanannya untuk kebutuhan bermain video game. Tidak ketinggalan, dengan layanan internet yang cepat, stabil dan dengan latensi yang rendah, My Republic berkomitmen menggandeng Skyegrid dalam menghadirkan pengalaman bermain Cloud Gaming yang terbaik.

Lebih lanjut, Rolly Edward selaku CEO dari Skyegrid menjelaskan bahwa Cloud Gaming adalah masa depan industri video game, serta sebagai solusi bagi para gamer Indonesia yang ingin mencoba game-game yang sedang populer ataupun brebagai game AAA berkualitas, namun tidak memiliki PC dengan spesifikasi yang mumpuni. Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa pihak Skyegrid sudah melakukan kurasi terhadap game-game yang akan masuk ke platform Skyegrid, sehingga pemain bisa mengekspektasikan game-game yang memang worth untuk dimainkan.

Sudah cukup banyak game-game yang tersedia di library Skyegrid, dan banyak diantaranya sudah terintegrasi dengan Steam. Sehingga kamu yang sudah pernah membeli atau mengklaim game-game gratis di Steam, bisa langsung memainkan game tersebut cukup dengan membayar jasa streaming dari Skyegrid. Hal ini tentunya lebih affordable ketimbang Google Stadia misalnya, dimana mereka tetap mengharuskanmu membeli gamenya terlebih dahulu di platform mereka.

Tampilan launcher Skyegrid

Kamu yang tertarik untuk berlangganan cukup merogoh kocek sebesar Rp 179.000 per-bulannya. Dan khusus untuk pelanggan MyRepublic, Skyegrid memberikan harga spesial untuk bulan pertama yakni sebesar Rp 89.500, dan untuk bulan-bulan selanjutnya hanya perlu membayar Rp 149.000. Detail lebih lanjut bisa kamu dapatkan melalui website MyRepublic ataupun melalui customer service.

Sebagai catatan, untuk bermain menggunakan Skyegrid dengan lancar, pemain yang menggunakan smartphone disarankan memiliki kecepatan internet minimal 5 Mbps, dan 10 Mbps untuk pengguna PC dan Laptop. Untuk pengalaman bermain yang lebih maksimal, kecepatan 20 Mbps sangat disarankan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Skyegrid atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]