Kesal dengan Game Sampah di Steam, Youtuber Buktikan Bisa Buat Sendiri dalam 25 Menit

ss 80a20f6088c69e31967f9d07fcf1b779bd19e17f.1920x1080

Masalah game shovelware masih jadi masalah besar untuk komunitas gamer di Steam. Sejak keberadaan Steam Direct sebagai pengganti Steam Greenlight, keberadaan game shovelware bertambah jauh lebih banyak sampai-sampai tahun ini jadi tahun dengan rilis game terbanyak di Steam. Salah satu developer game shovelware paling dikenal adalah BunchOD00dz, developer dari ISIS Simulator dan Suicide Simulator. Kedua game miliki gameplay yang sama dan kualitas yang sama, kamu berjalan di level kosong dan menembak sesuatu yang semuanya datang dari asset bawaan dari Game Guru Engine yang merupakan engine game paling basic dibandingkan game engine lain.

Glitch Simulator 2018 tak jauh berbeda dari kedua game sebelumnya. Game tak ada asset ciptaan sendiri dan semuanya bawaan dari engine game, hal ini membuat Youtuber IAmPattyJack begitu kesal hingga memanggil game ini “game terburuk yang pernah dia mainkan” serta mengatakan jika semua orang bisa buat game serupa dalam 25 menit. Untuk membuktikan omongannya bukan sekedar omong kosong semata, dia buka program Game Guru dan mencoba membuat game serupa dalam waktu cepat. Hasilnya, dia berhasil ciptakan game yang sama dalam waktu 12 menit 18 detik, lebih cepat dari yang dia ucapkan sebelumnya.


Dia bagikan versi buatannya dari Glitch Simulator 2018 secara gratis di itch.io. Pada review Steam-nya, IAmPattyJack tuliskan Glitch Simulator 2018 hanyalah “Map kosong, dengan beberapa terrain dinaikan sedikit untuk membentuh area berbentuk kotak, 2 tipe zombie dengan model karakter zombie dan model assassin yang dikopi puluhan kali dan 3 gedung yang dimana dua darinya tak ada tekstur.”

Apabila deskripsi dari IAmPettyJack terdengar menarik bagimu, kamu bisa coba sendiri versinya ketimbang membayar $2 ke developer ini. Dirinya juga harap tak ada orang yang membeli game itu sama sekali bahkan sebagai lelucon untuk teman. Baginya tak ada yang lucu dari game seperti ini dan gamenya hanya dibuat sebagai easy cash untuk developer.

Setelah menindaklanjuti si raja spam game lainnya yaitu Silicon Echo Studios dengan cara menghapus semua gamenya dari katalog Steam serta dicabut hubungan bisnisnya dari Steam. Developer seperti BunchD00dz layak ditindak lanjuti dengan cara serupa oleh Valve.

Source: Kotaku

Exit mobile version