Kesulitan Dengan Abyss 12? Berikut Tips dan Trik Untuk Spiral Abyss 1.5 Genshin Impact

in , , , ,
Abyss12

Update 1.5 Genshin Impact bawakan berbagai konten baru, seperti Hangout Quest baru, Story Quest Zhongli, dan juga boss mingguan baru, Azhdaha. Selain itu, update 1.5 juga datangkan perubahan pada Spiral Abyss, lebih tepatnya pada lantai 11 dan 12. Lantai 11-2 tidak lagi memiliki level monolith yang membuat banyak pemain stuck, sehingga lantai 11 secara keseluruhan lebih mudah. Namun, kini banyak pemain yang kesulitan dengan lantai 12 update 1.5.

Tapi, jangan khawatir. Di sini, saya akan bantu dengan membahas tiap lantai Abyss 12, apa yang perlu dihindari dan karakter mana saja yang kuat dalam tiap lantai.

Floor 12 Chamber 1 – First Half

Rekomendasi karakter: Damage Cryo (Ganyu, Kaeya, Chongyun), Shielder (Diona, Zhongli), Support Hydro (Xingqiu, Mona)

Abyss

Di lantai ini, kalian akan melawan 1 Geovishap, dan 2 Pyro Whopperflower. Geovishap di lantai ini akan berubah menjadi elemen Electro setelah waktu berlalu. Saat kalian mulai lantai ini, kalian tidak perlu bergerak, karena Whopperflower akan langsung teleport ke posisi kalian, dan Geovishap juga melompat ke tengah arena. Sebagai level dengan lebih dari satu musuh, damage AoE cukup kuat, meskipun Whopperflower sering melakukan teleport.

Perlu juga diingat bahwa serangan “gelinding” Geovishap dapat dilawan dengan shield, yang akan menjatuhkan Geovishap.

Floor 12 Chamber 1 – Second Half

Rekomendasi karakter: Damage Pyro (Diluc, Bennett, Xiangling, Klee, Hu Tao), Shielder (Diona, Zhongli)

Abyss2

Sama seperti First Half, kalian akan melawan 1 Geovishap dan 2 Whopperflower. Hanya saja, kali ini kalian melawan Cryo Whopperflower, dan Geovishap akan berubah menjadi elemen Hydro. Cara melawannya dan strategi yang dibutuhkan kurang lebih sama, hanya saja yang berbeda adalah elemen yang perlu kalian bawa. Penulis rekomendasikan damage Pyro.

Diona juga menjadi support yang sangat kuat di Second Half, karena shield-nya yang memiliki Cryo RES tinggi.

Floor 12 Chamber 2 – First Half

Rekomendasi karakter: Tentu saja Venti, Damage AoE (Noelle, Ganyu, Xiangling, Tartaglia, etc.), Hydro untuk menghilangkan buff Electro (Xingqiu, Mona)

Abyss3

Di 12-2 First Half, kalian akan melawan 8 Treasure Hoarder, 4 Electro Cicin (bukan Mage ya), 2 Cryo Cicin, dan 2 Hydro Cicin. Musuh akan datang dalam 2 wave — wave pertama berisi 4 Treasure Hoarder dan 4 Electro Cicin, lalu setelahnya, 4 Treasure Hoarder, 2 Hydro Cicin, dan 2 Cryo Cicin. AoE sangat berguna dalam lantai ini, dengan banyaknya musuh yang perlu dikalahkan. First Half sebenarnya cukup sederhana, tapi kalian perlu gerak cepat, karena Second Half 12-2 bisa dibilang salah satu bagian tersulit di Floor 12.

Floor 12 Chamber 2 – Second Half

Rekomendasi karakter: DPS Pyro/Cryo dengan AoE tinggi (Ganyu, Kaeya, Bennett, Xiangling, Hu Tao, Diluc), Shielder (Diona, Zhongli)

Abyss4

Kita mulai masuk ke salah satu bagian yang sering bikin stuck. Dalam Second Half, kalian melawan musuh dalam 2 wave, yang berisi Abyss Mage dan berbagai macam Hydro Mimic (hewan-hewan yang biasa di-summon Oceanid). Wave pertama adalah bagian tersulit, dengan Mimic Mallard (bebek) yang selalu mengeluarkan damage AoE besar di sekitarnya.

Ketika pertarungan dimulai, salah satu strategi paling aman adalah langsung lari ke arah Hydro Abyss Mage. Lalu, siapkan shield, damage AoE sebanyak mungkin, dan juga skill crowd control jika kalian punya (Freeze/Zhongli). Idealnya, Mimic Mallard akan mati terkena AoE kalian, dengan HP-nya yang cukup kecil. Fokuskan damage pada Abyss Mage untuk menghilangkan efek aura Hydro-nya, lalu fokus pada Mimic Boar karena HP-nya lebih tinggi.

Wave kedua jauh lebih simpel, jika kalian berhasil mengalahkan wave pertama. Pertama, fokus damage pada Mimic Crane, karena damagenya paling besar. Mimic Crane bisa di-spam Freeze dari jauh menggunakan Ganyu, atau jika kalian tidak punya Ganyu, Crane tidak akan banyak menyerang jika kalian serang dari jarak dekat. Setelahnya, kalahkan Mimic Crab dengan cepat, lalu fokus pada Pyro Abyss Mage. Jika kalian berhasil selesaikan Chamber 2 dalam 7 menit, sekarang saatnya persiapan untuk chamber tersulit Spiral Abyss sejauh ini.

Floor 12 Chamber 3 – First Half

Rekomendasi karakter: Damage Pyro/Cryo sebanyak mungkin, terlebih lagi yang aplikasinya banyak dan cepat (Ganyu, Diona, Kaeya, Diluc, Bennett, Xiangling, Hu Tao), Shielder (Diona, Zhongli), support Hydro untuk Vaporize/Freeze (Xingqiu, Mona), Enabler AoE (Venti)

Abyss5

Menurut saya, ini level Abyss tersulit sejak Genshin Impact pertama kali rilis. Tidak hanya kalian harus melawan musuh yang belum pernah ditemukan sebelumnya, tapi musuh tersebut juga memiliki beberapa gimmick yang sangat, sangat sulit untuk dilawan. Saya sarankan banyak doa sebelum mencoba 12-3.

Lector2
Saking parahnya sampe jadi copypasta

Di 12-3 First Half, kalian harus melawan 2 Abyss Lector. Cara kerjanya mirip seperti Abyss Herald di lantai 11-3 — ketika HP-nya nyaris habis, Lector akan memasang shield, dan kalian harus habiskan shield tersebut untuk mengalahkannya. Hanya saja, Herald menggunakan elemen Hydro, sedangkan Lector melawan kalian dengan Electro. Saya sarankan damage Pyro dan Cryo, karena kedua elemen tersebut memiliki damage terbesar terhadap shield Electro tersebut. Jika kalian ambil rute Cryo, support Hydro juga berguna, karena Lector bisa di-Freeze sebelum shieldnya muncul.

Jika Abyss Herald adalah ‘warrior’, maka bisa dibilang bahwa Lector masuk dalam kategori ‘mage’. Lector tidak banyak bergerak, sehingga kedua Lector lebih mudah dibuat berdekatan untuk menggunakan serangan AoE.

Salah satu kesalahan yang paling sering dibuat pemain di lantai ini adalah terlalu sering menggunakan dodge, dan kehabisan stamina. Abyss Lector memiliki 4 serangan, dan 2 dari 4 bisa dihindari hanya dengan berjalan, atau melompat. Dash hanya perlu digunakan untuk serangan “shockwave” AoE di sekitar Lector, dan serangan bola listrik yang dapat menguras energi karakter kalian. Ketika Abyss Lector sudah menyalakan shield, serangan mereka akan dapat upgrade, tapi cara menghindarnya tetap sama. Shield Diona/Zhongli juga sangat membantu, karena energi tidak akan berkurang jika kalian terlindungi shield.

Lector
Simpan stamina untuk menghindari kedua serangan ini

Good luck.

Floor 12 Chamber 3 – Second Half

Rekomendasi karakter: DPS Pyro (Hu Tao, Diluc, Klee, Bennett, Xiangling), AoE CC (Venti, Zhongli, Sucrose), Healer (Diona, Bennett, Jean)

Abyss6

Sejujurnya, alasan level ini sulit adalah karena setiap kalian gagal, kalian harus ulang First Half dan kembali ke Abyss Lector. Second Half membutuhkan latihan, tapi sebenarnya jauh lebih simpel dibanding level sebelumnya. Di sini, kalian akan melawan 1 Cryo Cicin Mage, Electro Cicin Mage, dan Pyro Fatui Agent.

Jika kalian punya karakter Anemo yang bisa menyedot musuh-musuh ini ke satu titik, dan belum dipakai di First Half, maka karakter tersebut akan sangat berguna. Jika tidak punya, valid saja kalau kalian lawan satu-satu. Saya sarankan untuk fokus damage pada Cryo Cicin Mage, karena kedua musuh lainnya akan mendekat pada kalian.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian punya cara kreatif lain untuk selesaikan Abyss 12 dengan bintang 9? Silakan komentar di bawah.


Untuk membaca artikel tentang Genshin Impact dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.