Ketahuan Mencuri Aset Game Lain, Game NFT Ini Langsung Menghilangkan Diri

A35264d4a15f135e5ff6f1b6d207d07e

Epic Hero Battles, sebuah game NFT (Non-Fungiable Tokens) janjikan 10 ribu karakter berpotensi NFT yang dibuat secara procedural generation. Namun sebelum game bahkan rilis, EHB langsung hilang jejak setelah ketahuan mencuri artwork dari game indie garapan Dan Hindes – Wildfire.

Diumumkan pada weekend kemarin, EHB ialah game crypto yang janjikan pemain dapat menjual karakter dan sidekick mereka sebagai konten NFT yang kemudian dapat dijual-belikan dalam pasar crypto. Namun sebelum game bahkan terealisasi, Dan Hindes sadari bahwa salah satu artwork game-nya diambil tanpa izin untuk promosi game tersebut, seketika membuatnya mengekspos game tersebut.

Setelah terekspos, developer EHB kemudian menuliskan bahwa artwork yang dipakai adalah kesalahan dari mereka, dan berkata bahwa mereka lupa untuk mengecek sumber gambar yang dipakai pada situs promosi game. Namun ternyata aksi ekspos dari Dan Hindes ini menjadi awal dari malapetaka EHB. Beberapa artis lain mulai menemukan kalau banyak pixel-art mereka telah dicuri oleh developer mau itu sebagai header Twitter atau juga roadmap game.

Tak lama setelah reputasi game rusak oleh ketahuan mencuri banyak karya para artis di internet, EHB menghapus akun Twitter mereka akan tetapi situs masih terus aktif dan masih menggunakan aset curian.

NFT secara singkatnya ialah skema bisnis yang fungsinya bagaikan memiliki sebuah aset seperti karya seni dimana hanya kamu secara pribadi yang memegang hak milik aset tersebut tetapi dalam bentuk digital dan juga melibatkan pasar crypto. Secara teknis, NFT ditujukan untuk melindungi para artis untuk menjual karya mereka dengan harga mahal dan juga tidak ada kemungkinan orang lain bakal; mencurinya, namun kenyataannya justru berbalik. Banyak para scammer yang memanfaatkan pasar ini untuk mengambil karya orang lain, mengklaim sebagai miliknya, lalu dijual ke orang lain.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version