Ketersediaan RAM DDR5 Sudah Berangsur Membaik

Ketersediaan Ram Ddr5 Membaik

Bila meneropong ke belakang barang sebentar, setelah kubu biru Intel luncurkan prosesor Generasi Ke-12, ketersediaan memory RAM DDR5 seolah ludes. Terhitung dari bulan November silam sampai dengan akhir bulan Januari tahun baru ini, tampaknya memang butuh waktu yang tidaklah instan.

Namun, usaha dari para manufaktur dan brand yang bermain di memory RAM DDR5 ini akhirnya tuai buah kenikmatan. Karena kami mendapati informasi bahwa ketersediaan RAM DDR5 sudah mulai berangsur membaik, setidaknya untuk saat ini.

Masih Sedikit yang Bermain di Pasar RAM DDR5

Beberapa bulan lalu, kami memang mendapati bahwa ketersediaan memory RAM DDR5 ternyata “diamankan” oleh para penimbun, bukan habis tak bersisa. Selain itu, faktor teknologi yang masih belum terlalu matang, miliki peran dalam mendongkrak taksiran dari memory baru tersebut.

Untuk memastikan kebenaran hal tersebut, penulis coba melihat situs e-commerce lokal dan ternyata benar bahwa taksiran RAM DDR5 mulai turun. Besar kemungkinan bahwa para manufaktur berhasil memasok memory baru ini dalam jumlah banyak, pastikan ketersediaan RAM DDR5 tersedia secara masif.

Harga yang kini lebih “masuk akal”, brott!

Dari gambar di atas, tampak penurunan taksiran RAM DDR5 dengan besaran 2x16GB yang awalnya berkisar 6-7 Jutaan, menjadi 4 Jutaan. Terlepas dari kecepatan alias speed bin yang ditawarkan, ini adalah hal yang patut disyukuri.

Makin turun seiring waktu?

Selain data lokalan, penulis mendapati informasi dari CamelCamelCamel yang berikan gambaran bahwa taksiran memory baru ini benar-benar turun. Tabel berupa gambar di atas tunjukkan bahwa memang terdapat penurunan harga hampir 80% hanya dalam waktu beberapa minggu.

Tidak dapat dipungkiri pula fakta bahwa masih sedikit yang bermain di pasar RAM DDR5. Para konsumen sudah barang tentu berharap bahwa taksiran dari memory ini akan semakin murah ke depannya.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa “tiba-tiba” harga akan kembali meroket dikarenakan prosesor AMD generasi baru akan luncur pada kuartak kedua tahun ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version