Keuangan EA Alami Peningkatan di Awal Tahun Fiskal 2021nya

in
EA alami pertumbuhan ekonomi di awal tahun fiskal 2021.

Menjadi tokoh antagonis di industri video game merupakan cap yang selalu tertempel pada Electronic Arts atau EA. Bahwa perusahaan yang sebelumnya dicintai para fansnya tersebut mendadak menjadi jahat dan memecat studio-studio bertalentanya karena tak mampu memenuhi keinginan mereka.

Puncaknya adalah ketika mereka diserbu para fans dan pemerintah negara akibat penerapan lootbox di game AAA Star Wars: Battlefront 2. Sejak saat itu, game-game yang mereka keluarkan mulai dibenahi. Meskipun tak langsung mengembalikan kepercayaan fans. Namun, sepertinya awal tahun fiskal 2021 mereka berkata lain.

Melalui laporan keuangan tahun fiskal 2021 mereka, EA mencatat bahwa terdapat peningkatan player di seri FIFA dan Madden. Mereka alami peningkatan keuntungan sebanyak 17%.

Hal ini tak lain dan tak bukan karena pemasukan besar dari FIFA 20, Madden 20, dan The Sims 4. EA jelaskan bahwa mereka telah dapatkan sekitar puluhan juta player baru. CEO EA, Andrew Wilson menjelaskan bahwa player FIFA meningkat dua kali lipat di kuartal pertama tahun fiskal 2021 mereka. Sementara peningkatan signifikan terjadi pada Madden NFL yang meningkat sebanyak 140% setiap tahunnya.

CFO EA, Blake Jorgensen kemudian menjelaskan bahwa tahun ini merupakan tahun yang tidak bisa mereka prediksi sama sekali. Terutama setelah konten season 5 Apex Legends sukses puncaki engagementnya hingga saat ini. Sementara The Sims 4 kini miliki total player sekitar 30 juta. Sebuah rekor baru bagi serinya.

Pemasukan tersebut tentunya akan semakin meningkat setelah mereka rampung untuk pindahkan semua gamenya ke Steam yang saat ini masih menyisakan beberapa game saja termasuk Apex Legends.

Saat ini EA dan developernya tengah kerjakan beberapa proyeknya, salah satunya adalah FIFA 21, UFC 4, dan Madden 21. Sementara EA Motive atau Motive Studio tengah rampungkan game pesawat tempur Star Wars: Squadrons untuk rilis awal Oktober. Namun belum ada kejelasan sama sekali untuk Battlefield baru yang kemungkinan dilepas akhir tahun ini atau awal tahun 2022 saat PlayStation 5 dan Xbox Series X telah rilis.


Baca lebih lanjut tentang Electronic Arts, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]