Keuntungan Microtransaction Fortnite Telah Tembus 14 Triliun Rupiah

in

Jika melihat kembali sekitar setahun yang lalu, Fortnite pertama kali hadir sebagai game survival yang bisa dikatakan kurang populer saat itu. Namun karena PUBG mendadak mempopulerkan genre battle royale, Epic Games sendiri akhirnya mencoba mengikuti jejak PUBG dengan membuat Fortnite Battle Royale. Dan tahukah kamu bahwa kini Fortnite telah meraup keuntungan hingga lebih dari $1 miliar dolar atau sekitar 14 triliun rupiah hanya dari microtransaction nya saja.

Sebuah bagan dari Super Data (via Game Rant) menunjukkan jumlah keuntungan Fortnite dari semua platform, semenjak pertama kali dirilis pada bulan Juli 2017 dan Fortnite Battle Royale yang rilis pada September 2017 yang lalu.

Fortnite Chart Revenue
Via SuperData

Dari bagan diatas bisa kita lihat bahwa keuntungan yang diperoleh Fortnite perlahan terus naik dan sempat meroket semenjak bulan Februari 2018. Tentu hal ini mengingatkan kita pada streamer bernama Ninja yang melakukan kolaborasi dengan Drake selaku rapper populer, dimana pada saat itu juga mempopulerkan Fortnite pada layanan streaming Twitch.

Walau pertumbuhan tersebut kembali merendah pada bulan April – Mei, mungkin saja hal itu terjadi karena waktu itu Season 4 belum dimulai, sehingga banyak pemain yang lebih memilih menabung untuk kosmetik baru.

Bagan dan data yang dipresentasikan SuperData ini memang hanya sampai bulan Mei 2018, namun bisa diasumsikan bahwa hingga saat ini pertumbuhan tersebut tetap naik secara perlahan, mengingat bahwa Season 5 baru saja dimulai dan mendatangkan banyak kosmetik baru untuk pemain kenakan.

Mengingat bahwa Fornite versi Android juga akan segera dirilis, angka angka tersebut mungkin saja akan kembali meningkat tajam. Karena smartphone Android yang bervariasi dan harga yang lebih terjangkau, mungkin saja akan lebih banyak mendatangkan pemain baru, seperti Indonesia misalnya.

Terlepas dari itu semua, hal seperti inilah yang membuat banyak developer tergiur akan keuntungan dari microtransaction. Namun setidaknya Fortnite hanya menghadirkan microtransaction yang berupa komestik sehingga tidak pay-to-win.



Fortnite bisa kamu mainkan di PC, PS4, Xbox One, iOS, serta Android dalam waktu dekat.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]