Keuntungan Square-Enix Meningkat Berkat Final Fantasy XIV dan Game Lain

ff14 shadowbringers
Final Fantasy menjadi penyelamat?

Sejak dibuatnya Final Fantasy, Squaresoft yang kini bernama Square-Enix selalu nyaris bangkrut di setiap pengembangannya. Namun game karya Hironobu Sakaguchi tersebut selalu berhasil menyelamatkan kondisi finansialnya. Menjadi sebuah tradisi yang sangat khas selama bertahun-tahun. Dan tahun ini game tersebut masih melakukannya demi menyelamatkan kondisi finansial publisher sekaligus developer asal Jepang tersebut.

Melalui laporan keuangannya yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019, Square-Enix mengumumkan bahwa keuntungan operasional mereka meningkat sebesar 4.4% jika dibandingkan tahun lalu. Sementara pemasukannya meningkat dua kali lipat.

Di sisi hiburan digital seperti video game yang terdiri dari planning, pengembangan, distribusi, dan operasi dari kontennya mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. Baik dari console (termasuk handheld), PC, dan gadget. Keuntungan ini semakin meroket berkat ekspansi dari Final Fantasy XIV yang diikuti dengan game MMORPG mereka yang lain, Dragon Quest X. Seperti yang bisa kamu lihat dalam tabel di atas, terlihat bahwa jumlah player yang berlangganan meningkat sangat tinggi sejak perilisan Shadowbringers dan The Maiden of Thorns and the God of Destruction.

Sementara game AR baru mereka, Dragon Quest Walk miliki performa yang sangat baik. Romancing SaGa Re;univerSe juga rupanya miliki performa luar biasa. Membawa mereka pada pertumbuhan yang cukup baik dari sisi penjualan maupun operasional dalam bisnis mobile game.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy XIV dan Square-Enix, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version