[Kiev Major] Pratinjau Main Event – Drama Dan Prediksi Meta Game

in , ,
courtesy dbltap

Dengan berakhirnya group stage, turnamen ini memasuki tahapan yang baru. Tim yang finis diposisi 1 akan menghadapi tim yang finis diposisi 16. Tim yang finis diposisi 2 akan menghadapi dengan tim yang finis diposisi 15 dan seterusnya.

Jadi paham kan inti dari sistem swiss ini? Pada dasarnya sistem ini membuat tim berlomba untuk posisi puncak dan menghadapi tim yang notabenenya terhitung paling lemah (chance yang lebih banyak untuk mengamankan posisi).

courtesy wykrhm

Disini kami juga akan mengutarakan poin-poin krusial agar kamu lebih mudah memahami meta game yang sedang berlangsung di Kiev Major.

Meta Game

Monkey King Tetap Berjaya Meskipun Winrate Hanya 35%

Bila mengingat kembali DAC adalah primetimenya bagi hero ini. Begitupun halnya di Kiev Major, dengan 35 kali pick di group stage Monkey King menjadi hero yang paling banyak dipilih. Seperti yang Arteezy katakan, Monkey King adalah hero yang mempunyai segala aspek yang diinginkan oleh seorang pemain support.

Namun yang tidak banyak orang sadari adalah semakin tinggi suatu pohon semakin kencang angin yang menerpa. Dalam halnya Monkey King, angin adalah antisipasi. Semakin banyak team yang sudah mengetahui caranya mengcounter hero ini.

courtesy dotabuff

Prediksi kami Crystal Maiden akan menggeser posisi Monkey King di main event nanti. Global mana regen, kapasitas ganking, kemampuan jungling dan ultinya yang sakit. CM adalah hero support yang sangat difavoritkan.

Kembalinya Rat Doto

Kalau kamu amati sejak patch 6.9 sampai sekarang dota berevolusi menjadi game bertempo cepat dan menitik beratkan team fight. Win clash, win game. Namun, seiiring naiknya popularitas hero-hero core dengan mobilitas tinggi(NP, Ember, Spectre, Invoker) membuat split push menjadi “plan b” bagi tim yang ketinggalan networth dan experience.

Sentuhan Emas

Hand of Midas menjadi item yang paling banyak digunakan dengan 120 kali dibeli di hari pertama. Hal ini disebabkan dengan buff armor tower dan buff midas itu sendiri. Membuat game menjadi lebih panjang dibandingkan patch 7.04. Namun hal ini diprediksikan tak akan bertahan lama dikarenakan mudah untuk dicounter dengan hero-hero viable seperti Lycan, NP dan Terrorblade naik kepermukaan. Push the lane, end the game ASAP. Got it?

Hero Yang Aneh Untuk Posisi Yang Aneh

Vengeful spirit di posisi 1 safelane carry, windranger diposisi 5 support, abaddon di posisi 3 offlane. Kiev major membawa banyak perubahan dan terobosan inovasi dalam meta game sejauh ini, yang pastinya adalah hal yang positif dan menarik untuk disaksikan. Selanjutnya apa? Techies sebagai hero core? You bet.

Drama Dan Cerita

Prahara Di Rumah Tangga Juara Bertahan TI

Wings Gaming yang mengubah namanya menjadi tim random sesaat sebelum Kiev major pastinya mengundang tanda tanya. Usut punya usut, hal ini disebabkan kekecewaan para pemain terhadap organisasinya. Menurut rumor para pemain Wings belum dibayarkan gajinya semenjak februari dan dianaktirikan.

Wings Gaming lebih mengalokasikan perhatian dan dananya untuk team LoLnya meskipun team Dota 2 nya merupakan donatur terbesar dalam keuaangan organisasi ini. Rumor sih, katanya pembagian uang hasil TI jatuh 70% ke tangan organisasi dan sisanya ke pemain. Dikabarkan juga team ini akan bubar setelah Kiev Major.

Dobrakan SEA Doto

Dogma bahwa Dota pada dasarnya pertarungan antara Cina dan Barat terpecahkan di turnamen ini. TNC sebagai perwakilan dari SEA terbukti menjadi kuda hitam yang tangguh dan menciptakan banyak laga-laga upsetting dan tidak terduga.

TNC finish sebagai top seed dengan skor 3-1. Mengalahkan OG, EG, Tunderbird merupakan prestasi yang bisa dibanggakan. Dan juga Team Secret yang 3 pemain nya termasuk regional SEA menduduki posisi puncak dengan hasil sempurna.

2 Rekor Dipecahkan, Rekor Lainnya Menunggu

Burning dengan GPM tertinggi (1040 GPM menggunakan Anti Mage) dalam sejarah dan Raven dengan kill terbanyak (33 kill menggunakan Spectre) dalam sejarah turnamen resmi yang diadakan valve. Rekor bisa dibilang adalah sisi menarik dari statistik. Hubungannya dengan hal yang bersifat ekstrem tentu saja kita nantikan sebagai penonton.

Kesimpulan

courtesy joindota

Well, sejauh ini Kiev Major jauh dari kata mengecewakan. Pendapat pribadi penulis, Kiev bisa saja menjadi major yang lebih mengesankan dari Boston. Banyaknya upset (hasil yang tidak disangka-sangka), Meta game yang abstrak, pemecahan 2 rekor, ketiadaan dominasi dari sebuah tim tertentu menjadi poin-poin vital yang membuktikan bahwa Kiev Major memang sangat menarik untuk disaksikan.

Kamu bisa bilang sebuah turnamen itu seru kalau hasil akhirnya sulit untuk ditebak. Dan semua hal menarik yang sudah kita bahas terjadi di fase group saja. Drama dan kejutan apa lagi yang akan disajikan di main event nantinya, biar waktu yang menjawab. Just enjoy the game!

source: dotabuff, joindota

 

Avatar

Written by Ryan Wirawan