Git Gud
Seperti apa yang saya jelaskan pada paragraf awal, Kingdom Come: Deliverance miliki sistem levelling yang sama dengan The Elder Scrolls. Atribut dan skill yang dimiliki Henry akan terus naik dengan semakin seringnya Henry melakukan kegiatan yang dapat menaikkan keahliannya. Apabila Henry terus menggunakan pedang, maka skill pedangnya akan terus naik, apabila dia sering menunggang kuda, maka keahliannya dalam hal tersebut akan terus bertambah. Pada level tertentu, Henry akan dapatkan beberapa pilihan perk tertentu pada skill yang baru saja naik level tersebut. Akan tetapi perk ini selalu miliki konsekuensi besar dibalik dari keuntungan yang diberikan. Sebagai contohnya, ada perk yang dapat membuat serangan henry lebih kuat, tetapi stamina yang dibutuhkan juga lebih besar. Ada pula perk yang memberikan efek sebaliknya, membuat stamina yang dibutuhkan lebih sedikit, tetapi serangan yang dilakukan jauh lebih lemah. Sistem ini membuat levelling tidaklah semanfaat yang seharusnya, namun pada dasarnya ini hanyalah bonus semata, yang seharusnya naik level adalah keahlian bermainmu.
Kingdom Come: Deliverance adalah game yang sulit, kamu benar-benar didorong untuk terus bertambah jago semakin lama kamu bermain. Segala aspek gameplay di game ini sangatlah kompleks dan butuh kesabaran khususnya pada melee combat. Singkatnya, melee combat dari Kingdom Come: Deliverance hampir seperti Mount and Blade, namun dengan beberapa improvisasi yang membuat combat jauh lebih “realistik”. Combat di Kingdom Come: Deliverance bukanlah combat dimana kamu bisa dengan mudah kalahkan seluruh musuh seorang diri. Combat di game ini sangatlah lambat dan mendorongmu untuk strategis.
Pada Kingdom Come: Deliverance, kamu bisa menyerang musuh dari berbagai sisi – atas, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah dan juga tusukan ke tengah. Musuh juga dapat melakukan hal serupa, yang membedakan antara kamu dan musuh tersebut hanyalah armor yang digunakan serta taktik dalam memainkan pedang. Musuh seperti bandit biasanya mudah untuk dikalahkan karena tidak memiliki armor serta refleks mereka tidak begitu bagus. Namun musuh seperti prajurit atau bahkan kapten akan jauh lebih sulit untuk diatasi karena armor mereka yang super tebal serta cara bertarung mereka yang lebih professional. Mati di game ini menjadi hal yang wajar, khususnya untuk pendatang baru. Namun semakin lama kamu akan semakin dibiasakan oleh gameplay sulit ini asalkan kamu sabar. Kamu akan semakin pintar dalam menentukan posisi, dan menentukan waktu kapan harus menyerang. Rasanya memuaskan untuk berkembang mulai dari anak desa yang bingung cara mengayunkan pedang menjadi seorang prajurit yang ditakuti oleh musuh dan dipuja-puja oleh masyarakat Bohemia.
Selain pertarungan jarak dekat, kamu juga bisa menggunakan senjata jarak jauh seperti panah di game ini, dan bisa dibilang menggunakan senjata ini jauh lebih sulit lagi. Game dengan sengaja tak memberikanmu crosshair ketika menggunakan panah. Maka kamu harus memperkirakan sendiri apakah bidikanmu sudah tepat sasaran atau tidak. Sama seperti combat jarak dekat, kamu dipaksa untuk beradaptasi dengan mekanik ini karena beberapa quest kedepannya akan menyuruhmu untuk mengunakkan panah. Panah ini juga menjadi sahabat terbaikmu apabila kamu ingin berburu, dimana berburu di game ini menjadi salah satu cara menyenangkan untuk dapatkan uang sekaligus stok makanan.
Elemen Simulasi yang Memperkaya Gameplay
Selain dari mekanik bertarung yang rumit, ada beberapa mekanik gameplay lain yang tidak dibuat mudah oleh developer. Mari kita mulai dengan lockpick terlebih dahulu. Lockpick di game ini bukanlah sistem lockpick yang sering kamu temui di game Bethesda. Minigame yang digunakan Warhorse pada aksi ini tergolong mudah dipelajari namun sulit dieksekusi. Bahkan untuk menyelesaikan yang level termudah pun sudah sangat sulit dan butuh banyak adaptasi, kini bayangkan sendiri bagaimana sulitnya untuk yang memiliki level “hard”. Sedikit sulit untuk menjelaskan secara detil bagaimana proses lockpick dari game ini, namun kamu akan mengerti sendiri ketika bermain langsung.
Pada setiap pertarungan, pedangmu akan dipenuhi oleh darah musuh yang baru saja kamu habisi. Semakin sering kamu gunakan pedang dalam periode waktu tertentu, pedang akan rusak dan semakin tidak efektif. Maka dari itu, pemain harus rajin mengunjungi tempat asah pedang yang biasanya berada di kota-kota besar di Bohemia. Mengasah pedang ini tidak dilakukan otomatis begitu saja, kamu harus mengasah sendiri pedangmu lewat semacam minigame. Kamu harus perkirakan sudut yang pas dalam proses asah apabila kamu tak mau pedangmu menjadi tumpul ataupun menjadi terlalu tipis dan mudah rusak. Sayangnya tak ada mekanik serupa untuk armor, perisai dan senjata tumpul, membuat mekanik ini terasa setengah jadi.
Mekanik kompleks lainnya adalah mekanik alchemy, dimana kamu secara manual harus melakukan sendiri proses pembuatan potion atau minuman saviour schapps yang menjadi benda terpenting di game ini. Resep potion biasanya dituliskan didalam buku setiap kali kamu menemukan resep baru, namun diingatkan kembali jika Henry tak bisa membaca. Dan untuk mempelajari cara membaca untuknya adalah lewat sekretaris tertentu yang mau mengajari Henry. Lucunya adalah untuk semakin rendah skill membacamu, maka semakin sulit untuk dimengerti maksud buku yang dibaca karena grammar dan penulisan di buku dibuat asal-asalan apabila Henry miliki skill membaca yang rendah. Kembali soal alchemy, kamu benar-benar harus mengikuti tahap-tahap pembuatan potion apabila kamu ingin produkmu jadi. Bisa dikatakan prosesnya tak begitu rumit, namun melihat kamu harus melakukanya secara manual menjadi sesuatu yang unik yang jarang dilakukan game lain.
Diluar dari beberapa mekanik kompleks diatas ini, game juga miliki sistem lapar, butuh tidur dan save terbatas. Layaknya manusia biasa, Henry butuh makan dan tidur setiap harinya, Henry tidak boleh kelaparan, terlalu ngantuk dan juga terlalu kekenyangan. Apabila hal tersebut terjadi, performa Henry akan berkurang yaitu dengan stamina yang turun, hilang konsentrasi dan juga terus-terusan komplain kepada dirinya sendiri. Makanan sendiri harus diseleksi, Henry tidak boleh memakan makanan yang sudah basi. Memakan makanan basi dapat memunculkan resiko keracunan dan mengurangi health dari Henry tiap detik.
Sistem save di game benar-benar dibatasi agar pemain tidak bisa “spam save”. Save hanya dapat dilakukan saat tidur atau saat kamu punya minuman beralkohol bernama Saviour Schapps yang harganya sangat mahal tapi bisa dibuat sendiri lewat alchemy. Pada awalnya, saya melihat sistem save ini benar-benar unik dan keren karena kini saya tak bisa “save scum” setiap kali merasa akan ada sesuatu yang berbahaya terjadi. Namun semakin lama saya main, semakin saya dijengkelkan dengan sistem save ini. Apabila kamu mati, kamu harus ulang dari awal kamu bangun tidur atau terakhir kali kamu minum Saviour Schapps. Bagaimana jadinya kalau game mendadak terjadi bug atau glitch, atau apabila game mendadak crash? Kamu terpaksa harus ulang dari awal lagi melakukan semua tugas yang sudah kamu lakukan beberapa menit yang lalu dan terpaksa kamu lakukan lagi karena game memaksamu lakukan demikian. Mungkin kesannya seperti pengecut, tapi saya memutuskan untuk menggunakan mod unlimited save setelah kesal harus mengulang dari awal tiap kali hal yang tak diinginkan terjadi.