Kingdom Heart 3: Winnie The Pooh Terpaksa Kena Sensor Di China, Ada Apa?


Follow Us

Negara China memang terkenal dengan aturan perlindungan produk luar di negaranya yang cukup ekslusif. Seperti pada game PUBG yang tidak memperbolehkan warna darah merah, Rainbow Six yang berencana menyensor banyak assetnya. Namun aturan ini sepertinya menimbulkan pertanyaan besar pada game Kingdom Heart 3 yang akan segera rilis, bagaimana tidak ? Winnie The Pooh yang rencananya akan hadir pada game ini, terpaksa harus ditutupi cahaya dewa karena suatu kebijakan di China.

Nulis artikel dibayar

Dilansir dari Gamerant, berita mengenai penyensoran Winnie The Pooh untuk Kingdom Heart 3 di China memang sudah dikonfirmasi benar adanya. “dari pada menghapus Winnie The Pooh secara keseluruhan dari game” ” gamenya lebih memilih mengedit sedikit untuk menyamarkan kehadirannya.” Kata Gamerant dalam laporannya. Jika kita lihat dari screenshoot yang ada editan ini juga tidak bisa dibilang “sedikit” karena Winnie The Pooh jadi lebih mirip IO dari Dota 2 dengan extra kaki kuning gempal.

BACA JUGA  20 Game Online Terbaru yang Siap Membangkitkan Gairahmu di Tahun 2019

Apa yang terjadi sih?

Jika kita melihat bagaimana sensor dalam game dilakukan di Negara China memang banyak berkutat pada tindak kekerasan. Namun Winnie The Pooh? memang banyak orang mempertanyakan kenapa makhluk yang setidak berbahaya ini sampai disensor secara extreme? Namun menurut pemerintah negara China Winnie The Pooh bisa mengancam stabilitas negara.

BACA JUGA  20 Game Online Terbaru yang Siap Membangkitkan Gairahmu di Tahun 2019

Hal ini sebenarnya merupakan imbas dari guyonan lama yang menyamakan president China Xi Jinping dengan hewan lucu kuning ini. Menurut laporan dari Global Risk Insight, pemerintah china sebagian beranggapan bahwa hal ini merupakan guyonan semata, namun sebagian lain juga beranggapan bahwa ini berusaha merendahkan martabat sang pemimpin. Memang sempat beredar foto Winnie The Pooh bersanding dengan temannya yang dimiripkan dengan Xi Jinping dengan Obama.

BACA JUGA  20 Game Online Terbaru yang Siap Membangkitkan Gairahmu di Tahun 2019

Hal sebenarnya juga bukan kali pertama, Ubisoft saja terpaksa menyensor asset ikonik dari gamenya agar bisa memasuki pasar gamer China. Hal ini lantas menimbulkan polemik dan juga tolakan dari para fans, bagaimana muka kaveira harus dihapus catnya karena dirasa bersimbol kekerasan.

 Jika kalian ingin membaca berita mengenai Rainbow Six ataupun Kingdom Heart 3 kalian bisa langsung mengakses link tersebut.

Source: Global Risk Insight, Gamerant, A9vg


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item