Kingdom Heart 3: Winnie The Pooh Terpaksa Kena Sensor Di China, Ada Apa?

a6669f56c01d64d6fcd150c4ec9973db e1542896991872

Negara China memang terkenal dengan aturan perlindungan produk luar di negaranya yang cukup ekslusif. Seperti pada game PUBG yang tidak memperbolehkan warna darah merah, Rainbow Six yang berencana menyensor banyak assetnya. Namun aturan ini sepertinya menimbulkan pertanyaan besar pada game Kingdom Heart 3 yang akan segera rilis, bagaimana tidak ? Winnie The Pooh yang rencananya akan hadir pada game ini, terpaksa harus ditutupi cahaya dewa karena suatu kebijakan di China.

Dilansir dari Gamerant, berita mengenai penyensoran Winnie The Pooh untuk Kingdom Heart 3 di China memang sudah dikonfirmasi benar adanya. “dari pada menghapus Winnie The Pooh secara keseluruhan dari game” ” gamenya lebih memilih mengedit sedikit untuk menyamarkan kehadirannya.” Kata Gamerant dalam laporannya. Jika kita lihat dari screenshoot yang ada editan ini juga tidak bisa dibilang “sedikit” karena Winnie The Pooh jadi lebih mirip IO dari Dota 2 dengan extra kaki kuning gempal.

Apa yang terjadi sih?

Jika kita melihat bagaimana sensor dalam game dilakukan di Negara China memang banyak berkutat pada tindak kekerasan. Namun Winnie The Pooh? memang banyak orang mempertanyakan kenapa makhluk yang setidak berbahaya ini sampai disensor secara extreme? Namun menurut pemerintah negara China Winnie The Pooh bisa mengancam stabilitas negara.

Hal ini sebenarnya merupakan imbas dari guyonan lama yang menyamakan president China Xi Jinping dengan hewan lucu kuning ini. Menurut laporan dari Global Risk Insight, pemerintah china sebagian beranggapan bahwa hal ini merupakan guyonan semata, namun sebagian lain juga beranggapan bahwa ini berusaha merendahkan martabat sang pemimpin. Memang sempat beredar foto Winnie The Pooh bersanding dengan temannya yang dimiripkan dengan Xi Jinping dengan Obama.

Hal sebenarnya juga bukan kali pertama, Ubisoft saja terpaksa menyensor asset ikonik dari gamenya agar bisa memasuki pasar gamer China. Hal ini lantas menimbulkan polemik dan juga tolakan dari para fans, bagaimana muka kaveira harus dihapus catnya karena dirasa bersimbol kekerasan.

 Jika kalian ingin membaca berita mengenai Rainbow Six ataupun Kingdom Heart 3 kalian bisa langsung mengakses link tersebut.

Source: Global Risk Insight, Gamerant, A9vg

Exit mobile version