Kini Demon Soul, Dark Soul, dan Bloodborne kini punya Genre Sendiri: SoulsBorne

maxresdefault 2 1

Pengembang FromSoftware mungkin paling dikenal oleh para gamer sebagai pembunuh massal nomer satu di dunia game. Bagaimana tidak, pengembang yang satu ini selalu mengeluarkan game-game dengan tingkat kesulitan super tinggi sebagai andalannya. Dan anehnya, penikmat genre ini semakin lama semakin banyak. Dimana di tiap seri barunya, game seperti Dark Soul menunjukkan hype yang semakin meningkat dengan jumlah pemain yang semakin tinggi pula.

Bila meninjau ke awal, genre ini merupakan perkembangan dari sub-genre RPG yaitu Action RPG layaknya Diablo dan Skyrim. Dimana kamu akan mengendalika karaktermu sendiri di sebuah dunia untuk mengalahkan musuh-musuh dan mengumpulkan berbagai macam benda, senjata, collectible, dll. Namun yang membedakan antara SoulsBorne sehingga ia tidak bisa lagi disebut ARPG tentu saja, tingkat kesulitannya. Dimana di SoulsBorne kamu tidak bisa seenaknya melayangkan serangan seperti di game hack-n-slash seperti DMC ataupun God of War. Dalam SoulsBorne setiap serangan dan block memiliki konseksuensi besar terhadap staminamu, yang harus kamu isi lagi sebelum melakukan serangan berikutnya. Belum lagi ditambah dengan damage dan jumlah health dari musuh yang ditingkatkan. Kelihatannya sepele, namun hal ini berdampak besar dalam gameplaymu, apalagi dalam game-game SoulsBorne musuh menyerang lebih cepat dan intens ketimbang di RPG biasa.

Poin lain dalam game SoulsBorne adalah perasaan terisolasi bagi para pemainnya. Tidak seperti pada game-game RPG dimana kamu bebas berkelana di dunia yang telah disediakan, dan memang sebagian besar dunianya adalah terbuka. Dalam SoulsBorne, tema gothic dan medieval adalah setting wajib. Dengan kastil atau katedral super besar ataupun bangunan-bangunan tertutup yang membuat para pemainnya terlihat kecil dan tidak berdaya. Dalam gameplay-nya, SoulsBorne akan sering menempatkanmu pada posisi terkepung dan diserbu. Apalagi, pada game bergenre ini sistem Multiplayer-nya harus kamu terima dengan lapang dada. Karena selain bermain bersama atau co-op. Kebanyakan komunitas game SoulsBorne mendatangi dunia gamer lain untuk memburu sang host / hero dalam dunia tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Yang terakhir, game-game SoulsBorne membedakan dirinya dengan RPG biasa lewat penuturan ceritanya. Bila pada game-game RPG biasa kamu akan mengerti bagaimana cerita yang sebenarnya terjadi lewat cut-scene dan dialog dengan NPC. Di SoulsBorne cerita tidak dituturkan secara eksplisit, cut-scene yang adapun menunjukkan informasi yang sangat minim. Saking sedikitnya, ada komunitas tertentu yang memang mengumpulkan kepingan-kepingan informasi dari percakapan NPC, info dari senjata, perkamen dll untuk mengetahui cerita penuh dari Dark Souls.

Lalu bagaimana menurutmu, apakah kamu juga salah satu penggemar genre SoulsBorne ini? Dan apa menurutmu genre ini kedepannya akan semakin terkenal dan digemari? Yang jelas dengan semakin banyaknya gamer awam yang ingin memainkannya, tentunya jumlah korban yang direnggut oleh game-game SoulsBorne ini semakin banyak.

sumber: omnigamer

Exit mobile version