Kini Developer Tak Bisa Ganti Tanggal Rilis Sesuka Hati di Steam


Follow Us
Valve batasi penentuan tanggal rilis game agar tak disalahgunakan.

Jika selama ini kamu berpikir bahwa fitur Steam review banyak disalahgunakan oleh para player dalam mereview suatu game dan seolah buat developer dan publisher menjadi korban. Maka fitur penentuan tanggal rilis juga ternyata banyak disalahgunakan oleh developer maupun publisher. Beruntung Valve akhirnya memberikan regulasi untuk hal tersebut.

Nulis artikel dibayar

Finally the end of Release Date abuse in Steam from Steam

Melalui postingannya di reddit, seorang user bernama HeadlessIvan yang juga merupakan developer game indie mengatakan bahwa saat mereka mengupdate tanggal rilis gamenya, mereka mendapatkan pesan bahwa jika developer ingin mengubah tanggal rilisnya, maka mereka perlu menghubungi Valve lengkap dengan menyertakan alasan dan kapan gamenya mau dirilis.

Pesan tersebut dilanjutkan untuk meyakinkan para developer agar mereka yakin bahwa tanggal yang mereka sebut merupakan tanggal rilis gamenya. Buat para developer harus berhati-hati untuk menentukan tanggal rilisnya dengan matang sebelum berbicara kepada Valve.

BACA JUGA  Update Baru Call of Duty Modern Warfare Perbaiki Stuttering Movie Single Player PC

Menurut HeadlessIvan, keputusan Valve tersebut merupakan keputusan yang sangat baik, mengingat banyak sekali developer dan publisher yang menyalahgunakannya untuk mempromosikan gamenya dalam laman “coming soon” tanpa merilis gamenya.

Sebelumnya pada bulan Maret kemarin, Mike Rose dari publisher indie bernama No More Robots mengupas topik bagaimana bisa para publisher dan developer mengatur tanggal rilis gamenya di Steam agar muncul di laman “coming soon”. Membuat tampilannya terlihat tak rapi dan terkesan disalahgunakan oleh mereka. Rose melanjutkan bahwa developer bisa mengatur tanggal rilisnya sesuka hati di Steam, memberi harapan palsu para gamer agar muncul di laman tersebut.

Cuitan tersebut langsung dijawab oleh Tom Giardino dari Valve yang mengaku telah menjadi pembahasan mereka dan sempat memusingkan karena Valve tak ingin ikut campur dengan tanggal rilis game yang menurutnya memang tak bisa ditentukan sesuka hati. Giardino mengaku bahwa Valve mencoba untuk memperbaikinya agar tak terjadi penyalahgunaan dan memberikan keseimbangan bagi para developer yang suatu saat nanti ingin mengubah tanggal rilisnya.

BACA JUGA  Assassin’s Creed Ragnarok akan Diumumkan Tahun Depan?

Melihat dari kasus di atas, sepertinya keputusan yang dilakukan Valve saat ini merupakan solusi dari permasalahan yang terjadi dan sempat dibahas bulan Maret yang lalu. Namun sepertinya kita perlu menunggu pernyataan terbuka dari Valve terkait informasi tersebut.

Baca terus berita tentang Valve agar kamu tak ketinggalan update.

contact: akbar@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item