Kini “Membajak” Game Diperbolehkan Jika Memenuhi Syarat Berikut

aurora paragon
Syarat apa itu?

Pembajakan memang telah menjadi musuh semua kalangan, salah satunya adalah video game. Berbagai cara developer lakukan demi terciptanya game yang bebas dari pembajakan, salah satunya adalah memasang Denuvo. Namun baru-baru ini, pemerintah Amerika Serikat memperbolehkanmu untuk “membajak” asal memenuhi syarat-syarat tertentu.

Dilansir PCGamesN, pemerintah Amerika Serikat melonggarkan aturan DRM atau Digital Rights Management dalam situasi tertentu. Pustakawan Kongres menyebutkan bahwa pelanggan boleh “membajak” DRM dengan syarat untuk memperbaikinya. Menjadikannya sebuah hak asasi baru untuk para pelanggan yang disebut “hak untuk memperbaiki”.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sebenarnya hak ini diperbolehkan pada barang elektronik. Memberikan tempat servis non-legal untuk bisa “membajak” software resmi untuk memperbaiki handphone atau laptopmu.

Sementara untuk video game, menurut PDF yang diunggah di Reddit pada halaman 59. Dikatakan bahwa kamu boleh memodifikasi dan “membajak” game yang kamu beli atau download, yang servernya telah dimatikan oleh developer maupun publisher. Dengan kata lain, kamu boleh “membajak” dan memodifikasi suatu game yang sudah tak dijual lagi oleh developer maupun publishernya, termasuk game yang telah ditutup servernya, contohnya seperti Paragon. Namun dengan syarat tanpa adanya hak untuk mendapatkan keuntungan darinya. Hal ini mengingat developer dan publisher masih memiliki hak penuh untuk lakukan reboot game buatannya.

Exit mobile version