KISAH: Lika Liku Perjalanan PewDiePie Hingga Mencapai Youtuber No. 1 Didunia

in , ,

Siapa yang tidak mengenal PewDiePie, pemuda bernama Felix Kjellberg tersebut merupakan youtuber pribadi dengan jumlah subscriber terbanyak didunia. Hingga awal tahun 2020 ini subscriber youtube channel PewDiePie mencapai 102 juta subscriber. Meskipun beberapa waktu lalu memutuskan untuk menikah dan sekarang beristirahat sebentar dari dunia youtube, sosok PewDiePie tetap dirindukan oleh para penggemarnya.

Lalu bagaimana sosok PewDiePie tersebut dapat mencapai kesuksesannya hingga saat ini. Mempunyai 102 juta subscriber sepertinya bukanlah hal yang mudah untuk disaingi oleh channel youtube individual tentunya. Apakah perjalanan PewDiePie terlihat mudah dan mulus, ataukah perjalanan dia berliku-liku dan penuh rintangan? Berikut ulasannya.

Pria asal Swedia tersebut pertama kali mengenal youtube dan membuat channelnya pada tahun 2010 silam. Pada saat itu video yang menjadi trend adalah vlog pribadi dan sitcom. Namun PewDiePie tidak mengikuti trend tersebut dan lebih memilih berfokus kepada game sesuai dengan hobbynya. Sambil melanjutkan kuliah di universitas di Swedia dan menggambar melalui Photoshop, PewDiePie secara rutin membuat video mengenai permainan gamenya dan menguploadnya di youtube.

Setahun berkiprah di youtube, PewDiePie berfokus pada membuat video komentator bermainan yang saat itu sedang populer yaitu Minecraft dan Call of Duty. Banyak pemain kedua game tersebut menonton video-video dari PewDiePie dan membuatnya naik secara perlahan. Kemudia PewDiePie juga memainkan game Amnesia: The Dark Descent yang membawanya kedalam kesuksesan dengan gimmick komentatornya.

Namun kehidupannya tidak berjalan dengan baik karena dia harus meningalkan kuliahnya, sementara orang tuanya tidak mendukung PewDiePie sebagai seorang youtube creator karena pada waktu itu masih sangat awam. Oleh karena itu PewDiePie mencoba mandiri dengan membiayai hidupnya dari uang hasil berjualan desain photoshop. Karya-karyanya pada waktu itu juga cukup bagus sehingga dia mampu menghasilkan uang untuk membiayai hobbynya sebagai seorang youtube creator.

Pada tahun 2014 youtube gaming mulai menjadi trend baru dikalangan penonton youtube. Hal itu yang semakin mendongkrak popularitas dari PewDiePie, apalagi dia sudah berkiprah dengan dunia video game semenjak awal kemunculannya pada tahun 2010 silam. Game horor menjadi ciri khas dari komentator video game yang ia lakukan dan mendapatkan banyak viewer dari sana.

Selanjutnya beberapa studio berusaha mengontrak PewDiePie untuk berkolaborasi dengan mereka. Hingga akhirnya pada tahun 2016 dia berhasil merilis web television berjudul “Scare PewDiePie” yang dibuat oleh Maker Studios (Disney Digital Network) and Skybound Entertainment. Scare PewDiePie berikisah tentang PewDiePie yang menjelajah dunia horor dalam sebuah video game. Sukses dengan season yang pertama sang sutradara berusaha melanjutkannya dengan season yang kedua. Namun rencana season baru tersebut harus terhenti karena skandal yang dialami oleh PewDiePie.

Seperti yang kita ketahui bahwa PewDiePie mempunyai gimmick yang unik. Gimmick trash talking dan membubuhinya dengan berbagai joke dan meme yang membuat banyak orang menyukainya dan juga membencinya. Skandal tersebut hampir membuat karir PewDiePie berakhir. Setelah itu PewDiePie meminta maaf dan mencoba kembali dari awal lagi. Untungnya masih banyak penggemarnya yang loyal kepadanya dan bersama PewDiePie membangun channelnya sebagai youtube creator nomor 1 didunia.

Kemudian pada tahun 2018 persaingan menuju channel youtube dengan subscriber terbanyak didunia dimulai. PewDiePie harus melawan perusahaan film ternama asal India yaitu T-Series. Pertarungan semakin sengit saat PewDiePie mengunggah video meme dan joke tentang orang India diamana T-Series berada. Hal tersebut membuat semua orang India memusuhinya dan mencoba membuat PewDiePie kalah dari T-Series. Hingga akhirnya pada tahun 2019 ini T-Series berhasil memuncaki sebagai channel youtube dengan jumlah subscriber terbanyak didunia.

Pada tahun 2019 juga sepertinya karir dari PewDiePie berada dalam puncaknya. Kini pria asal Swedia yang drop-out dari kuliahnya tersebut dan meniti karir sebagai content kreator sebagai hobbynya menjadi pria kaya raya yang mempunyai jutaan penggemar diseluruh dunia. PewDiePie sudah menikah serta hidup damai dan nyaman dinegaranya. Mungkin istirahat sejenak dari dunia maya youtube merupakan pilihan yang tepat. Namun pada penggemarnya masih menantikan comebacknya tentang komentator video gamenya atau joke meme yang dia buat.


Baca juga artikel terbaru lainnya terkait KISAH atau artikel-artikel menarik lainnya dari Roni Istianto.

Roni Istianto

Written by Roni Istianto

Orang Pinggiran

Leave a Reply

Your email address will not be published.