Klarifikasi Google: Assistant Tidak Merekam Percakapan Pengguna Secara Diam-Diam

Asisten 1

Google Assistant merupakan salah satu fitur canggih yang dibuat oleh Google yang saat ini diperkirakan  penggunanya sudah melebihi 1 milyar. Assistant dipercaya dapat memudahkan keseharian para penggunanya, seperti membacakan berita, memberitahu kondisi lalu lintas, dan beberapa fitur menarik lainnya.

Dengan keberadaan aplikasi ini, beberapa pengguna sontak berpikir, apakah Google Assistant merekam percakapan pengguna secara diam-diam melalui smartphone? Berikut adalah klarifikasi google terkait Google Assistant.

Tidak Ada Percakapan Yang Dikirim Atau Disimpan Google

Dilansir dari IndiaToday, perwakilan Google mengatakan kepada pemerintah India bahwa karyawannya mendengarkan rekaman percakapan antara pengguna dan Google Assistant. Google mengklaim bahwa karyawannya mendengarkan rekaman pada smartphone miliknya untuk meningkatkan fungsi Speech Recongnition untuk bahasa yang berbeda.

Pada 1 Juli 2021, Google menanggapi email dari Android Authority tentang bagaimana Google Assistant memproses data di smartphone para penggunanya. Menurut seorang perwakilan Google melalui Email, ia akan membagikan informasi untuk para pengguna smartphone memahami dalam cara kerja Google Assistant.

Google mengarahkan kami ke Pusat Keamanan Google Assistant. Di dalamnya, perusahaan menyatakan bahwa Google Assistant menunggu dalam mode siaga hingga diaktifkan oleh pengguna. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada data atau informasi yang dikirim atau disimpan ke Google.

Muncul Berbagai Pertanyaan

Berdasarkan Kebijakan Privasi Google, hal ini dapat dipicu karena Google Assistant salah mendeteksi suara yang ditujukan. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, karena tidak jelas apakah Google Assistant merujuk pada rekaman yang disengaja atau tidak.

Terkait masalah ini, beberapa anggota dari Panel India juga sedang mencari informasi mendalam mengenai hal ini, karena ini menyangkut privasi. Dikabarkan, pemerintah India tengah menyelidiki perusahaan seperti Google yang tidak menghapus data para penggunanya sampai pengguna menghapus secara manual.

Kita bisa menghapus percakapan dengan Google Assistant. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, kita tidak tahu apakah Google Assistant dapat merekam percakapan secara diam-diam, sengaja, atau tidak.

Itulah informasi terbaru mengenai Google Assistant yang dikabarkan merekam percakapan pengguna secara diam-diam. Aplikasi tersebut memang membantu, tetapi apakah privasi kita dijamin? Share pendapat kalian di komentar ya brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version