Kojima Beri Respon Soal Death Stranding Terlihat Seperti “Walking Simulator”

death stranding horizon 1

Bahkan dengan beberapa gameplay reveal dari Kojima, Death Stranding masih mengundang banyak tanda tanya dari gamer. Dari apa yang diperlihatkan, game terbaru Kojima ini terlihat tidak penuh suspens dan aksi intens. Mayoritas yang ia perlihatkan ialah karakter Norman Reedus mengelilingi dunia luas sambil membawa bayi. Hal ini membuat banyak fans mengecap Death Stranding bakal menjadi walking simulator – sebuah istilah yang sering digunakan pada game fokus naratif yang dimana cerita terus terbongkar dengan hanya menyuruh pemain berjalan dari satu titik ke titik lain dengan minim aksi maupun rintangan.

Death Stranding bukanlah game semacam itu menurut Kojima. Lewat interview bersama Game Informer, dirinya jelaskan bahwa game terbarunya akan lebih dari sekedar itu dan kamu harus memainkannya langsung untuk mengerti apa yang ia maksud.

“Di game ini, saya rasa kamu tidak akan mengerti hanya dengan sekedar mendengar saya menjelaskannya, tetapi sekalinya kamu mulai bermain, hanya berjalan kaki saja di dunia ini akan terasa menyenangkan.”

Menurut Kojima, banyak diantara tester coba beranggapan bahwa game ini akan menjadi walking simulator, tetapi kebanyakan dari mereka mulai menyenangi game setelah mencoba sendiri.

“Yang saya sadari, ketika saya memonitor sesi playtest ialah mereka tidak mengerti game ini pada awalnya, termasuk juga para staf. Tetapi setelah mereka memainkannya, hanya berjalan saja menjadi menyenangkan di luar angkasa.”

Menanggapi kritikan gamer yang menganggap game hanya sekedar berjalan-jalan tak jelas, Kojima anggap bahwa situasi ini sama seperti saat dirinya memperkenalkan genre stealth di game Metal Gear pertama. Pada saat industri tengah fokus dengan aksi yang frontal dan hujan peluru, Kojima perkenalkan Metal Gear yang miliki gameplay pelan serti lebih mementingkan aksi diam-diam. Death Stranding baginya akan menghadapi posisi yang sama dan hanya perlu waktu untuk gamer mengerti genre baru yang ia ciptakan ini.

“Situasinya sama seperti saat saya pertama kali bawakan game stealth. Jika 100 orang memainkannya dan 100 orang tersebut berkata game itu menyenangkan, maka berarti genre tersebut sudah ada dan amat dikenal. Tetapi ini adalah genre baru – sama seperti stealth pada saat pertama kali diperkenalkan, pasti akan ada beberapa orang yang tak menyukai. Hanya perlu waktu agar evaluasi sesungguhnya terjadi.”

Death Stranding akan dirilis untuk PS4 pada 8 November mendatang.


Baca pula informasi lain terkait Death Stranding, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version