Kojima Tak Tertarik untuk Kembali ke Genre Horror Karena Dirinya “Mudah Takut”

kojima

Kamu tentunya masih ingat dengan Silent Hills, proyek game dari Hideo Kojima dan Sutradara andal Guillermo del Toro yang kemudian dibatalkan karena konflik antara Kojima dan Konami. Teaser dari game tersebut, P.T, menggugah banyak gamer karena atmosfir yang begitu menyeramkan meskipun hanya memiliki satu level yang berupa koridor rumah berbentuk L dengan 2 kamar kosong.

Keberhasilan Kojima dalam membawakan genre Horror membuat orang berpikir kenapa Kojima tak jadikan Death Stranding sebuah game horror juga melihat dia dapatkan komposisi tim yang sama? Jawabannya begitu singkat, Kojima juga mudah takut dengan yang namanya horor.

Lewat wawancara bersama IGN, Kojima ungkapkan bahwa dirinya tak terlalu senang untuk mengembangkan game horor karena dirinya sendiri juga tidak senang merasa takut. Namun dengan rasa takut itu juga dia dengan mudah mencari ide yang menurutnya dapat membuat orang merinding.

“Saya mudah ketakutan. Sebenarnya, ini hal yang juga dialami oleh Alfred Hitchcock dan juga Steven Spielberg. Karena mereka mudah merasa takut, karena saya juga mudah merasa takut, kami akan lebih mudah untuk membuat sesuatu yang menyeramkan, karena kami mengerti apa yang bisa dikategorikan seram.

Tetapi pada proses pengembangan, kami selalu menghayalkan berbagai macam hal yang menakutkan yang membuatku mimpi buruk pada akhirnya. Itulah alasan saya tak mau membuat game horor.”

Sifat mudah takut dari sang kreator Metal Gear ini memang tak terbuang sia-sia melihat P.T hingga saat ini dipuja sebagai salah satu game paling menyeramkan di era modern saat ini meskipun game tersebut hanyalah teaser semata untuk Silent Hills.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Lewat wawancara yang sama juga Kojima berpendapat bahwa cara paling efektif untuk menakuti orang lain adalah menunjukkan mereka sesuatu yang “yang terlihat sedikit tak biasa”. Menurutnya pemain akan lebih mudah merasa takut apabila mereka tak tahu apa yang baru saja mereka lihat dihadapannya. Selain itu, Kojima juga menganggap bahwa membuat sesuatu yang “tidak diketahui” juga efektif untuk menakuti pemain.

Jadi ya, untuk saat ini kita harus terima kenyataan bahwa Kojima akan menjauhi genre Horror untuk sementara dan fokus dengan Death Stranding. Untuk Death Stranding sendiri, game tersebut belum dapatkan tanggal rilis pasti namun dipastikan akan hadir untuk PS4 dan gunakkan engine dari Decima Engine dari game Horizon: Zero Dawn.

Source: IGN

Exit mobile version