Kojima Telah Prediksi Death Stranding akan Dapatkan Respon Campur Aduk dari Gamer

in ,

Death Stranding baru saja dirilis beberapa hari silam, bisa dipastikan bahwa game terbaru dari Hideo Kojima ini merupakan game paling divisive pada tahun ini. Banyak yang memuji keunikan game, tetapi di waktu yang sama banyak pula yang menganggap game terlalu pretensius dan tak lebih dari sekedar walking simulator.  Kojima ungkap bahwa dirinya telah menduga hal semacam ini akan terjadi jauh-jauh hari.

Lewat wawancara bersama Playstation Access, Kojima jelaskan bahwa memang sulit bagi game dengan konsep baru untuk diterima secara luas. Baginya sudah menjadi hal yang wajar untuk sebuah karya mendapatkan reaksi campur aduk khususnya ketika karya yang diberikan merupakan sesuatu yang unik dan tidak lazim.

“Ini terjadi ketika kamu mencoba sesuatu yang baru. Bagi saya, perasaan [yang dirasakan orang saat ini] bukanlah lagi sesuatu yang baru. Bahkan dulu dengan Metal Gear, saya selalu berkonsentrasi untuk berikan sesuatu yang fresh untuk dimainkan, atau juga menunjukan sistem yang baru pada gameplay.

Cara saya selalu sama. Dan bicara soal bagaimana perasaan saya soal pendapat orang tentang Death Stranding – Saya percaya jika akan selalu ada reaksi positif dan negatif. Ini akan selalu terjadi ketika kamu mencoba sesuatu yang baru, mau itu di film ataupun game.”

Hal yang terjadi pada Death Stranding baginya sama seperti saat ia memperkenalkan sistem stealth pada Metal Gear. Pada saat itu, pasar game dikuasai oleh game penuh aksi dan peluru, membuat genre stealth dianggap tak lazim dan mengundang banyak reaksi yang campur aduk dari pemainnya. Kojima hanya berharap gamer dapat memberikan Death Stranding kesempatan kedua untuk kedepannya. Mungkin saja pikiran mereka akan berubah ketika mencoba game satu kali lagi.

“Saya berharap dengan bantuan dair fans, reaksi positif mereka akan tersebar luas. Dan dalam 5 atau 10 tahun mendatang orang-orang akan kembali melihat Death Stranding dan mengategorikannya sebagai standar baru. Lalu saya akan mencoba untuk membuat sesuatu yang baru lagi.”

Death Stranding telah dirilis untuk PS4, game juga akan dirilis untuk PC lewat Steam dan Epic Games Store pada musim panas 2020 mendatang.


Baca pula informasi lain terkait Death Stranding, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.