Kojima Ungkap MGS2 Hampir Batal Rilis Pasca Tragedi Serangan 9/11

Hideo Kojima Mgs2

Fans berat serial Metal Gear Solid mungkin mengetahui tentang ending dari MGS2: Sons of Liberty yang mengalami perubahan sebelum gamenya rilis. Namun tahukah kamu kalau perubahan tersebut secara tidak langsung berhubungan dengan serangan 9/11 (11 September) di Amerika pada tahun 2001 silam? Bahkan nyaris membatalkan perilisan gamenya?

Hideo Kojima selaku kreator semesta Metal Gear sendiri baru-baru ini bercerita (via IGN) tentang kerumitan saat akan merilis MGS2 yang tanggal peluncurannya sendiri sudah ditetapkan sebelum tragedi 9/11 terjadi, dimana hal tersebut bahkan membuatnya sempat ingin keluar dari Konami.

Ragam foto dan video akan kejadian pesawat yang menabrak gedung World Trade Center tak henti-hentinya ditayangkan di media dari seluruh dunia selama beberapa minggu. Hal ini membuat situasi internal Konami menjadi canggung, terutama karena gamenya sendiri menghadirkan tempat-tempat di Amerika seperti Pentagon dan World Trade Center, serta ending aslinya yang melibatkan kapal besar jatuh di kota New York.

Saat Kojima menjelaskan situasi tersebut di rapat dewan direksi Konami, hanya Kagemasa Kozuki selaku salah satu petinggi Konami yang berani mengambil tindakan. Kojima juga menjelaskan keinginannya untuk keluar dari Konami ke Kozuki, namun setelah mendengar langkah-langkah ekstrim yang berani Kozuki ambil, Kojima memutuskan untuk tinggal dan merilis Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty dengan beberapa perubahan pada 13 November 2001 di Amerika, kemudian 29 November 2001 di Jepang, lalu di tahun 2002 untuk region Eropa dan lainnya.

Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty

MGS2 kemudian mendapatkan respon yang begitu positif, namun kesehatan Kojima menjadi bayarannya. Kojima menjelaskan bahwa ia memang cenderung kelelahan setelah menyelesaikan suatu game, namun berbeda pasca perilisan MGS2, dimana ia jatuh sakit bahkan harus berpindah-pindah rumah sakit karena tak kunjung pulih.

Lebih lanjut, Death Stranding yang menjadi karya Kojima pasca keluar dari Konami juga kerap dianggap mencerminkan situasi Pandemi COVID-19 yang mempengaruhi seluruh dunia selama beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut bahkan mendorong Kojima untuk menulis ulang cerita Death Stranding 2 karena ia tidak ingin secara tidak langsung memprediksikan suatu kejadian kurang menyenangkan di masa depan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Metal Gear Solid atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version