Kolaborasi Google dan Samsung Pastikan Android 14 Lebih Jarang Matikan App di Background

Kolaborasi Google Dan Samsung

Selain stock Android milik Google Pixel, mungkin banyak yang setuju jika OneUI milik Samsung adalah salah satu skin Android terbaik untuk saat ini. Selain tampilannya yang intuitif dan minim iklan, OneUI juga merupakan salah satu User Interface yang paling responsif sejauh ini.

Tapi kalau membahas soal Androidnya sendiri, pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya app killer yang agresif. Tujuan hal ini juga bukan tanpa alasan yang tidak masuk akal. Nyatanya dengan aplikasi yang ditutup dengan agresif inilah bisa menghasilkan penggunaan baterai yang awet. Sebagai gantinya, notifikasi aplikasi penting juga kadang akan terlewat karena aplikasinya sudah terlanjur dimatikan di background.

Kolaborasi Google dan Samsung di Android 14 Pastikan App background Lebih Jarang Dimatikan

One UI

Hal ini juga yang menjadi kekhawatiran Samsung dan Google sebagai pencipta sistem operasi Android untuk bisa memitigasi hal tersebut terjadi di versi OS mereka berikutnya. Maka dari itu mereka melakukan kerja sama baru untuk menghindari notifikasi dan aplikasi tidak dimatikan di background seperti yang kami lansir dari Android Developers Blog.

Versi Android yang akan datang

Kedepannya Android 14 dan OneUI 6 akan tidak begitu agresif lagi dalam memangkas aplikasi yang berjalan di background seperti di seri Android sebelumnya. Kedua perusahaan tersebut akan memastikan API yang mendikte bagaimana aplikasi bekerja di background akan berjalan secara konsisten di seluruh bagian sistem. 

Developer Bisa Lebih Konsisten Membuat Aplikasi Sesuai Standar Google

Developer lebih mudah bangun aplikasi sesuai standar Google

Partnership ini berarti kedepannya OneUI 6 yang berbasis Android 14 nantinya akan punya cara kerja yang sama pada bagian berurusan dengan background app. Tentunya dengan kerja sama ini sangat menguntungkan untuk mereka yang menggunakan smartphone dari Google dan pengguna Galaxy sekaligus.

Dengan ini developer aplikasi akan lebih dimudahkan dalam membuat aplikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Google. Namun yang paling diharapkan adalah OEM Android lainnya seperti BBK Group dan Xiaomi bisa turut serta dalam kolaborasi ini demi menciptakan pengalaman menggunakan Android yang nyaman.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version