Komedian Ini Tuntut Fortnite karena Menjiplak “Jogetan” Khasnya Tanpa Ijin


Follow Us

Karena penamaannya pula ?

Berhati-hatilah dengan yang namanya hak cipta. Bagaimanapun juga, keberhasilan individu dalam menciptakan suatu karya intelektual dan mempopulerkan sesuai dengan ciri khasnya adalah sebuah upaya yang harus dihargai. Hal ini seakan telah menjadi semacam pelajaran bagi Epic Games, developer dari game Fortnite karena mereka baru saja tersandung suatu permasalahan yang mungkin bagi kalian terlihat remeh temeh, tapi sangat berarti sekali bagi yang merasa “mempunyai” hajatan tersebut.

Nulis artikel dibayar

Seorang aktor atau komedian bernama Alfonso Ribeiro baru saja mengajukan gugatan hukum atas pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan oleh Epic Games. Pelanggaran hak cipta seperti apakah yang dimaksud ? Rupanya satu emote tarian mereka yang bernama “Fresh” ini menjadi masalah utama.

 

Emote tarian yang telihat energik dan asyik itu ternyata sangat mirip dengan tarian yang selalu Ribeiro lakukan ketika tampil baik di acara TV ataupun saat membintangi serial sitkom populer The Fresh Prince of Bel-Air.

 

 

Yang menjadi permasalahan besar, Epic Games sama sekali tidak memberi tarian Ribeiro tersebut sebuah nama Carlton Dance (diambil dari nama karakter yang Ribeiro perankan di acara sitkomnya) demi menghormati atau memberikan semacam tribute dari aksi yang pertama kali dipopulerkan Ribeiro pada tahun 1990 silam. Menurut laporan TMZ, Epic Games di sini telah melakukan aksi plagiat atas emote tarian berikut, dan bahkan telah terang-terangan memonetisasi dan menjadikannya sebagai salah satu item microtransaction.

BACA JUGA  Fortnite Mengadakan Boss Raid Untuk Meramaikan Halloween
Contoh yang sepertinya diinginkan oleh Ribeiro (dari game Forza Horizon 4)

Ini bukan pertama kalinya Ribeiro secara tegas menindak game-game mana saja yang seenaknya mengganti nama tarian Carlton Dance dengan nama yang terkesan semena-mena. Ia dulunya juga sempat menindak game NBA 2K16 atas dasar permasalahan yang sama. Sedangkan untuk kasus Forza Horizon 4, sepertinya ia masih terlihat mau berlapang dada karena terpampangnya nama “Carlton” di sana.

BACA JUGA  Ketahuan Pakai Aimbot, Pemain Pro Fortnite Ini Dapat Ban Seumur Hidup

Dalam kesempatan terpisah, pihak Epic Games sendiri masih belum memberikan respon terkait masalah ini.


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Fortnite, lalu tak ketinggalan dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item