Komedian Ini Tuntut Fortnite karena Menjiplak “Jogetan” Khasnya Tanpa Ijin

npyrbw3gaopngob3bd6a.mp4 snapshot 00.01 2018.12.18 12.53.49

Karena penamaannya pula ?

Berhati-hatilah dengan yang namanya hak cipta. Bagaimanapun juga, keberhasilan individu dalam menciptakan suatu karya intelektual dan mempopulerkan sesuai dengan ciri khasnya adalah sebuah upaya yang harus dihargai. Hal ini seakan telah menjadi semacam pelajaran bagi Epic Games, developer dari game Fortnite karena mereka baru saja tersandung suatu permasalahan yang mungkin bagi kalian terlihat remeh temeh, tapi sangat berarti sekali bagi yang merasa “mempunyai” hajatan tersebut.

Seorang aktor atau komedian bernama Alfonso Ribeiro baru saja mengajukan gugatan hukum atas pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan oleh Epic Games. Pelanggaran hak cipta seperti apakah yang dimaksud ? Rupanya satu emote tarian mereka yang bernama “Fresh” ini menjadi masalah utama.

 

Emote tarian yang telihat energik dan asyik itu ternyata sangat mirip dengan tarian yang selalu Ribeiro lakukan ketika tampil baik di acara TV ataupun saat membintangi serial sitkom populer The Fresh Prince of Bel-Air.

 

 

Yang menjadi permasalahan besar, Epic Games sama sekali tidak memberi tarian Ribeiro tersebut sebuah nama Carlton Dance (diambil dari nama karakter yang Ribeiro perankan di acara sitkomnya) demi menghormati atau memberikan semacam tribute dari aksi yang pertama kali dipopulerkan Ribeiro pada tahun 1990 silam. Menurut laporan TMZ, Epic Games di sini telah melakukan aksi plagiat atas emote tarian berikut, dan bahkan telah terang-terangan memonetisasi dan menjadikannya sebagai salah satu item microtransaction.

Contoh yang sepertinya diinginkan oleh Ribeiro (dari game Forza Horizon 4)

Ini bukan pertama kalinya Ribeiro secara tegas menindak game-game mana saja yang seenaknya mengganti nama tarian Carlton Dance dengan nama yang terkesan semena-mena. Ia dulunya juga sempat menindak game NBA 2K16 atas dasar permasalahan yang sama. Sedangkan untuk kasus Forza Horizon 4, sepertinya ia masih terlihat mau berlapang dada karena terpampangnya nama “Carlton” di sana.

Dalam kesempatan terpisah, pihak Epic Games sendiri masih belum memberikan respon terkait masalah ini.


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Fortnite, lalu tak ketinggalan dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version