Kominfo Bentuk Komite Etika Berinternet “Buntut” Etika Berinternet Warganet Indonesia Yang Buruk?

in ,
Person Using Iphone
Person Using Iphone

Kementrian Komunikasi dan Informasi(Kemenkominfo) baru-baru ini mengumumkan jika mereka akan membentuk sebuah komite untuk mengedukasi warganet Indonesia tentang etika dalam berselancar di Indonesia.

Komite ini bernama Komite Etika Berinternet atau Net Ethics Commite(NEC). Dalam sebuah konfiirmasi, Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate menjelaskan apa saja tugas dari badan itu.

Dirinya menjelaskan jika salah satu tugas dari Komite Etika Berinternet adalah untuk merumuskan panduan praktis tentang budaya, etika para warganet ketika sedang berselancar di dunia maya.

“Yang berlandaskan pada asas kejujuran, penghargaan, kebajikan, kesantunan, serta penghormatan terhadap privasi individu lain dan data pribadi individu lain,” ujar Johnny, Jumat (26/2/2021).

Dengan adanya badan ini, Kominfo berharap kedepanya para warganet Indonesia menjadi lebih sadar dan memiliki etika sopan santun, sehingga warganet Indonesia tidak dinilai tidak sopan.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, sebuah laporan terbaru dari Microsoft menyebutkan jika para warganet Indonesia adalah pengguna internet dengan tingkat sopan santun paling rendah di Asia Tenggara.

Microsoft melaporkan jika tingkat kesopanan para warganet Indonesia memburuk dan turun ke poin 76. Dimana semakin tinggi angka yang didapat, maka semakin rendah pula tingkat kesopanan yang dimiliki.

Kemunduran ini disebut didominasi oleh para pengguna internet dengan rentang usia Dewasa dengan presentase 68 persen. Sebaliknya, para remaja disebut tidak berkontribusi dalam kemunduran nilai itu.

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]
Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.