Kominfo Blokir Situs Hacker Pembocor Data PLN karena Belum Daftar PSE Asing

Kominfo Blokir Situs Hacker

Kominfo Data Bocor PLN – Beberapa waktu yang lalu, warganet dikejutkan dengan informasi data PLN bocor yang dilakukan oleh salah satu hacker di internet. Hacker tersebut menjual data pengguna PLN di sebuah forum internet. Hal ini membuat rasa tidak nyaman oleh para pelanggan/pengguna PLN atas kebocoran data privasi mereka oleh orang tidak diketahui.

Menanggapi hal tersebut, pihak Kominfo blokir situs hacker pembocor data PLN karena dianggap belum daftar PSE Asing. Eh???

Data PLN Bocor, Kominfo Blokir Situs Hacker

Viral data pengguna PLN bocor, Kominfo akan blokir situs hacker pembocor

Dengan viralnya data pengguna PLN bocor di internet, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memberikan pernyataan resmi terkait masalah ini. Dilansir dari CNN, Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa pihak Kominfo akan memblokir situs hacker yang telah melakukan peretasan dan juga upaya menjual data pengguna PLN di internet. Alasannya karena situs tersebut belum terdaftar di PSE Asing.

Johnny G Plate memberikan pernyataan terkait data PLN Bocor (Sumber: Data Indonesia)

“Ya kalau misalnya ada [dan] tidak terdaftar ya diblokir. Kan harus diblokirnya juga jangan sampai you blokir yang sudah terdaftar. Kan harus dicek, harus diaudit dan harus diverifikasi. Coba dia (BreachForums) daftar resmi [PSE] terus diblokir, nanti ribut lagi, kenapa diblokir? Sekarang sedang diverifikasi”

Johnny G Plate

Sudah Koordinasi dengan Pihak PLN

Kedua belah pihak sudah koordinasi untuk meningkatkan keamanan data pelanggan

Pihak Kominfo juga telah melakukan koordinasi dengan pihak PLN mengenai masalah bocornya data pengguna pelanggan mereka sejak hari Sabtu (20/8). PLN pun saat ini sedang melakukan evaluasi terhadap sistem keamanan cyber mereka disertai dengan melakukan peningkatan untuk melindungi semua data pribadi pelanggan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Selain itu instansi Pemerintah dalam bidang Komunikasi dan informasi ini akan melakukan review lanjut dengan PLN terkait ketentuan perlindungan data pelanggan. Gregorius Adi Trianto selaku juru bicara PLN mengatakan data yang dikelola PLN diklaim dalam kondisi aman dan data yang bocor tersebut merupakan data replikasi pelanggan.

Itulah informasi mengenai Kominfo blokir situs hacker pembocor data PLN karena situs tersebut tidak terdaftar PSE Asing. Apakah keputusan tersebut menjadi solusi dari masalah ini? Bagaimana menurut kalian?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Kominfo atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version