Berdasarkan Aturan PSE, Kominfo Dibolehkan Lihat Chat WhatsApp dan Gmail

Kominfo Dibolehkan Lihat Chat Whatsapp Dan Gmail

Setelah beberapa saat lalu tanah air dihebohkan oleh implementasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di tanah air, kini kita dihadapkan dengan fakta yang cukup nyeleneh. Berdasarkan “aturan main” besutan PSE, Kominfo Dibolehkan Lihat Chat WhatsApp dan Gmail.

Kominfo Dibolehkan Lihat Chat WhatsApp dan Gmail

Seolah belum cukup pegang kendali atas PSE termasuk di antaranya media sosial, kita dikejutkan dengan “aturan main” PSE. Ya, Kominfo Dibolehkan Lihat Chat WhatsApp dan Gmail tentu tanpa butuh izin dari pemiliknya.

Meski dimiliki oleh individual, namun berbekal “aturan main” Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020, ternyata ada PSE Lingkup Privat di baliknya.

Pratama Persadha, Pakar Keamanan Siber dari CISSReC, tegaskan bahwa lalui “aturan main” tersebut, Kominfo Dibolehkan Lihat Chat WhatsApp dan Gmail. Padahal, WhatsApp dan Gmail miliki sistem enkripsi, dan ini tentu berhasil buat tanda tanya apa haknya Kominfo tegaskan hal tersebut.

Padahal, berdasarkan Wiki, enkripsi ialah metode di mana informasi yang terpampang di WhatsApp dan Gmail tak bisa dilihat. Karena pesan yang terenkripsi tersebut pasti diubah ke dalam kode acak yang tak akan bisa dipecahkan semudah itu.

Hilangnya Privasi Bila Diterapkan

Berdasarkan “aturan main” yang bisa kalian lihat di sini, tegaskan bahwa Kominfo diberi kebebasan untuk lakukan hal tersebut. Terlebih bila kalian membaca Pasal 9, Pasal 14, dan Pasal 36, yang tentunya ambyarkan privasi ber-internet.

Sumber: Kominfo

Namun, hal tersebut konon katanya baru boleh dilakukan apabila ada perkara hukum, yang berdasarkan Pakar Keamanan Siber tersebut, telah diterapkan di luar. Sebelum dibolehkan akses media sosial tersebut, diharapkan pemerintah benar-benar transparan supaya tak buat kesalahpahaman kemudian hari.

Tak lupa Pratama Persadha harap bahwa agar hal ini tak menimbulkan pro-kontra di masyarakat tanah air karena telah colek privasi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version