Hacker Membobol Data Pribadi, Kominfo: “Kalau Bisa Jangan Menyerang”

Kominfo Hacker Membobol Data Pribadi

Hacker Membobol Data Pribadi – Masih belum usai, Kominfo masih gencar melakukan berbagai upaya dalam melindungi data pribadi warga Indonesia terhadap pembobolan yang dilakukan oleh hacker. Pihak instansi Pemerinitah Indonesia ini memberikan sebuah pernyataan untuk hacker yang telah membobol, mencuri dan berusaha menjual data pribadi milik warga Indonesia.

Kominfo Berikan Komentar untuk Hacker Membobol Data Pribadi Warga Indonesia

Kominfo berikan komentar untuk hacker pembobol data pribadi warga Indonesia

Dilansir dari Suara, Semuel Abrijani Pangerapan selaku Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo memberikan pernyataan resmi yang diperuntukkan bagi hacker yang telah membobol data pribadi milik warga Indonesia, yaitu Bjorka di website forum Breached. Pengguna akun Bjorka dari forum Breached diketahui telah membobol 1,3 juta Data SIM yang berisi berbagai informasi pribadi warga masyarakat Indonesia, mulai dari nama, alamat sampai NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Kalau bisa jangan menyerang. Tiap kali kebocoran data yang dirugikan ya masyarakat, kan itu perbuatan illegal access.”

Semuel Abrijani Pangerapan

Masyarakat Indonesia Dirugikan Atas Kejadian Ini

Banyak kebocoran data pribadi warga Indonesia terjadi belakangan ini

Ditjen Aptika menjelaskan bahwa kebocoran data ini akan merugikan banyak masyarakat Indonesia. Karena data-data pribadi yang tersimpan tersebut untuk mereka gunakan dalam menggunakan layanan tertentu seperti pada SIM Card sesuai aturan kebijakan. Dia menganggap aksi hacker membobol data pribadi ini sebagai bentuk menyerang masyarakat dan mempermalukannya dengan cara menyebarkan data pribadi mereka. Jika masyarakat Indonesia merasa dirugikan, maka pihaknya akan membawa masalah ini ke jalur hukum dan turut mengundang tim Cyber Crime.

Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan kalau saat ini Indonesia sedang membangun ruang digital. Ia menambahkan kalau peralihan ini sedang diperbaiki demi memberikan kemajuan ke masyarakat.

Gimana Nasib Data yang Telah Dibobol?

Ditjen Aptika menambahkan data pribadi yang didapatkan oleh hacker tersebut sudah melanggar aturan hukum. Bahkan untuk versi free yang ditunjukkan oleh hacker di forum Breached sebagai sampel sudah termasuk pelanggaran. Pemerintah tidak ingin membeli data yang telah dibobol tersebut yang dianggap sebagai barang curian.

“Kamu mendapatkan data pribadi, termasuk yang free ini saja, itu sudah melanggar. Yang free saja kita mendapatkan, itu kan data pribadinya orang. Memang orangnya sudah kasih consent ke kamu? Apa bedanya dengan barang curian? Kami menadahi barang curian? Kalau beli sih enggak mungkin lah dari pemerintah.”

Semuel Abrijani Pangerapan

Adanya Perbaruan Regulasi Demi Minimalisir Insiden Kebocoran Data

Akan ada perbaruan regulasi demi minimalisir insiden kebocoran data

Pada informasi sebelumnya, pihak instansi pemerintah ini sedang mengadakan perbaruan terhadap regulasi dalam mengurangi insiden kebocoran data yang belakangan ini sering terjadi. Seperti apa regulasinya? Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel Gamebrott di sini.

Itulah informasi mengenai Kominfo memberikan pernyataan kepada hacker yang membobol data pribadi warga Indonesia. Mari kita berdoa saja masalah kebocoran data ini cepat selesai.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Kominfo atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version