Komisi Perjudian UK: Loot Box Tak Miliki Syarat untuk Termasuk Dalam Perjudian

in
Loot box bukan termasuk dalam perjudian? Apa maksudnya?

Drama microtransaction Star Wars Battlefront II dengan sistem “pay to win” memang sempat memanas, mulai dari isi loot box/crate yang tidak adil, hingga penurunan harga hero Star Wars Battlefront II untuk kurangi waktu grinding membuat game ini sebagai salah satu game milik EA dengan bisnis terburuk tahun ini. Drama ini akhirnya mereda setelah EA memutuskan untuk “mematikan sementara” sistem microtransactionnya. Namun rupanya hal tersebut masih menjadi perbincangan hangat oleh beberapa pemerintah negara. Pemerintah Belgia masih menginvestigasi masalah ini, sementara pemerintah Amerika telah menjanjikan sebuah aksi untuk menanggulanginya. Namun lain halnya dengan pemerintah UK yang “diam saja”.

Melalui website resminya (via PCGamesN), Tim Miller selaku direktur eksekutif Komisi Perjudian UK mengatakan bahwa loot box tidak bisa diatur dalam undang-undang hukum perjudian UK saat ini. Hal ini disebabkan karena untuk mengklasifikasikan loot box menjadi sesuatu yang bersifat judi, maka ia harus miliki hadiah yang “berharga”. Jadi, selama hadiah-hadiah yang ada di dalam loot box tersebut tidak bisa kamu uangkan di luar video game (dunia nyata, red), maka pemerintah UK tidak bisa mengatur lootbox sesuai undang-undang perjudian yang berlaku saat ini.

Miller juga menambahkan bahwa para orang tua tidak tertarik akan kegiatan perjudian tersebut, yang mereka khawatirkan adalah produk yang bisa merusak masa depan anak-anak mereka. Kini Komisi Perjudian UK masih belum memberikan aksi apapun terkait masalah loot box tersebut, namun mereka masih khawatir akan hubungan video game dan perjudian yang semakin kabur kedepannya. Bagaimana menurutmu? Apakah loot box termasuk dalam perjudian?

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.