Kompetitor Baru Steam, Robot Cache Mungkinkanmu untuk Menjual Kembali Game Milikmu


Follow Us
Mungkinkah Robot Cache akan jadi kompetitor baru Steam?

Seperti yang telah kita ketahui, Steam merupakan salah satu platform distribusi video game digital PC terbesar di dunia. Mereka tidak hanya menyediakan game, namun komunitas, mod, achievement, hingga kemampuan untuk menjual hampir semua konten game yang telah kamu dapatkan termasuk kartu atau itemnya. Namun sayang, mereka tidak memperbolehkanmu untuk menjual kembali game yang sudah kamu beli.

Sebuah platform baru bernama Robot Cache akan segera meluncur untuk saingi Steam. Seperti yang dilansir dari Steamed Kotaku, CEO inXile Entertainment Brian Fargo dan mantan Eksekutif Atari, Lee Jacobson membuat Robot Cache dengan misi untuk memberikan usernya kemampuan menjual gamenya kembali, dan built-in minable cryptocurrency bernama “Iron”. Ya, kamu tidak salah dengar, platform baru ini juga akan miliki kemampuan mining cryptocurrency.

BACA JUGA  Perilisan Monster Hunter World di PC Diwarnai Banyak Gangguan Koneksi
Gambaran tampilan Robot Cache nanti

Kemampuan menjual game ini berkat adanya teknologi yang disebut blockchain, dimana ia akan memproduksi record yang tak bisa diganti. Teknologi ini juga digunakan oleh cryptocurrency modern, untuk menyimpan kepemilikan “uang” tersebut. Setiap penjualan game akan berikanmu keuntungan 25% dan 70% untuk para developer dan publisher, dimana mereka juga akan mendapatkan keuntungan sebesar 95% dari penjualan game baru, jika dibandingkan Steam yang akan memotongnya sebesar 70%.

BACA JUGA  Steam Hadirkan Bundle & Diskon Untuk Deretan Game Karya Developer Lokal

Ketika kamu menjual game milikmu, maka kamu akan dibayar dengan mata uang bernama Iron yang bisa kamu tukarkan dengan uang asli atau membeli game lain. Naik turunnya harga Iron akan didasari oleh market Robot Cache sendiri, dimana ia akan menjadi pertaruhan yang cukup berbeda dibandingkan kurs mata uang dunia saat ini.

BACA JUGA  Seluruh Pemain yang akan Berlaga di TI 8 Dipastikan Tidak Mengalami "Visa Issues"

Saat ini Robot Cache masih menyelesaikan bagaimana gamenya akan dimasukkan. Belum jelas kapan platform ini akan siap dilepas untuk publik. Namun yang pasti, banyak developer dan publisher telah setuju akan model bisnis mereka. Kamu bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang platform ini di sini. Bagaimana menurutmu? Mungkinkah Steam akan goyah dengan kemunculan Robot Cache?


Like it? Share with your friends!