Komplotan Hacker Curi 7.5TB Data Rahasia Dari Badan Intelegent Milik Rusia


Follow Us

Sebuah kabar mengejutkan datang dari Rusia dimana badan Intelegent mereka diserang oleh komplotan hacker. Pada serangan tersebut dikatakan bahwa para penyerang berhasil mencuri sekitar 7,5 terabyte data dari kontraktor FSB, sehingga mengekspos proyek-proyek rahasia yang sedang dilakukan agensi untuk menghilangkan anonimisasi penjelajahan Tor, scrapping data dari media sosial, dan rencana untuk memutus internet Rusia dari seluruh dunia. .

Nulis artikel dibayar

Seperti yang kita tahu Federal Security Service atau FSB Rusia adalah agen pengganti KGB yang terkenal dan mirip dengan FBI dan MI5; bagian utama dari pekerjaan mereka mengawasi semua hal termasuk pengawasan elektronik di dalam negeri dan di luar negeri juga.

Para pelaku penyerangan dan pencurian terhadap FSB menyerang pada 13 Juli lalu ketika sebuah kelompok peretasan dengan nama 0v1ru$ meretas SyTech, kontraktor besar FSB yang bekerja pada beberapa proyek internet.

BACA JUGA  Seorang Hacker Balik Meretas Hacker Lain Setelah Diserang Dengan Ransomware

Para peretas merusak atau mendefaced hompage dari SyTech dan meninggalkan jejak Yoba Face yang tersenyum dan gambar-gambar lain untuk menunjukkan bahwa mereka sukses meretas web tersebut.

Setelah itu, 0v1ru$ meneruskan data curiannya ke kelompok peretas yang lebih besar yaitu Digital Revolution, yang kemudian mereka membagi file tersebut ke berbagai outlet media dan diposting di Twitter.

BBC Rusia memberikan apa-apa saja yang dibocorkan oleh para peretas diantaranya:

  • Nautilus: Sebuah proyek yang diluncurkan antara 2009 dan 2010 untuk mengikis data pada platform media sosial seperti Facebook, LinkedIn, dan MySpace
  • Nautilus-S: Sebuah proyek penelitian untuk mendenonimkan pengguna Tor dengan membuat simpul keluar yang dikendalikan oleh pemerintah Rusia
  • Nadezhda: Proyek ini memvisualisasikan bagaimana Rusia terhubung ke seluruh internet dan berusaha untuk menciptakan “internet yang berdaulat” yang terisolasi dari internet lainnya.
  • Reward: Menembus dan melakukan operasi rahasia pada jaringan peer-to-peer seperti BitTorrent, Jabber, OpenFT, dan ED2K
  • Mentor: Khusus dikembangkan untuk unit militer Rusia No. 71330 yang berfungsi sebagai intelijen radio-elektronik FSB Rusia. Bagian dari proyek ini adalah memantau akun email yang dipilih secara berkala untuk memindai frasa tertentu
  • Tax-3: Ini adalah proyek terbaru yang menawarkan kemampuan untuk secara manual menghapus informasi dari Layanan Pajak Federal pada individu yang berada di bawah perlindungan negara.
BACA JUGA  Seorang Hacker Balik Meretas Hacker Lain Setelah Diserang Dengan Ransomware

Sampai saat ini situs resmi milik SyTech  masih  ditutup setelah penyerangan tersebut dan pihak FSB belum memberikan statement untuk hal ini. Sementara itu, akun Twitter dari kelompok hacker 0v1ru$ group juga telah ditutup. Tidak jelas apakah Twitter menutup akun atau grup itu sendiri yang menutupnya.

 

Sumber : Fossbytes


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item