Komponis Final Fantasy Nobuo Uematsu Ungkap Tidak Lagi Sanggup Menggubah Soundtrack Game Sendirian

Komponis Final Fantasy Nobuo Uematsu

Komponis Final Fantasy Nobuo Uematsu

Fans berat Final Fantasy series sudah pasti mengenal komponis legendaris Nobuo Uematsu. Karya-karyanya yang melegenda sejak seri Final Fantasy awal hingga kini di FFVII Rebirth. Karirnya di dunia video game sudah mencapai 3 dekade lebih dan menghasilkan puluhan album soundtrack legendaris.

Umurnya yang kini sudah kepala enam juga berarti dia tidak lagi punya tenaga yang cukup untuk menggubah lagu sepenuhnya untuk satu game. Setidaknya ini terjadi ketika beberapa tahun lalu, ketika dia harus hiatus sejenak untuk mengobati penyakit yang dideritanya.

Komponis Final Fantasy Nobuo Uematsu Tidak Lagi Sanggup Menggubah Satu Album Penuh Soundtrack Game

Komponis legendaris Nobuo Uematsu

Dengan usianya yang tidak lagi muda, Nobuo-sensei mengatakan lewat Zeit Online (via VGC) kalau dirinya sudah tidak punya kekuatan fisik maupun mental untuk menggubah satu album penuh soundtrack game.

Dia melanjutkan kalau menggubah lagu untuk video game membutuhkannya bekerja keras selama dua sampai tiga tahun. Sehingga, dirinya mengungkapkan kalau tubuh rentanya ini sudah tidak kuat melakukan hal itu.

Nobuo-sensei sendiri masih mengerjakan beberapa bagian dari Final Fantasy VII Remake maupun Rebirth. Seperti tema utama game-nya itu masih digubah oleh dirinya. Sedangkan sisanya dikerjakan oleh beberapa komponis lain.

Ingin Lebih Fokus ke Proyek Kecil Lainnya

Nobuo Uematsu (tengah)

Meskipun begitu, Nobuo-sensei tampaknya belum akan berhenti untuk menciptakan lagu. Sekarang dirinya memilih mengerjakan proyek yang tidak begitu berat seperti project Merregnon, sebuah symphonic anime berjenis orchestral fantasy. Atau misalnya melanjutkan band buatannya Nobuo Uematsu ConTIKI.

Terakhir kalinya Nobuo-sensei mengerjakan sepenuhnya soundtrack game adalah ketika Final Fantasy IX. Setelah itu, soundtrack FF sendiri dikerjakan oleh gabungan beberapa komponis. Proyek full game yang dia kerjakan baru-baru ini adalah Fantasian yang rilis secara eksklusif di Apple Arcade.

Menurut kamu apakah Nobuo Uematsu akan dipanggil sekali lagi untuk mengubah soundtrack trilogi ketiga Final Fantasy VII Remake nanti? Atau sepenuhnya menyerahkan posisinya ke komponis yang lebih muda?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version