Komposer Kroasia Tuduh The Witcher 3 Plagiat Salah Satu Lagunya


Follow Us

Elvis Stanic, seorang komposer asal Kroasia, menganggap salah satu lagunya berjudul ‘Naranca’ diplagiat oleh CD Projeckt Red pada soundtrack game RPG anyar mereka – The Witcher 3. Meskipun kedua lagu mengambil inspirasi dari musik tradisional, Stanic merasa komposisi instrumen versinya diplagiat oleh CDPR pada soundtrack berjudul ‘Widow Maker’.

Nulis artikel dibayar

Masalah ini telah Stanic laporkan kepada studio asal Polandia tersebut tetapi dia mengatakan bahwa dia belum dapatkan respon sama sekali dari mereka. Meskipun lagu soundtrack tersebut kini tidak tersedia lagi pada Spotify, Google Play, dan layanan musik digital lainnya, lagu tersebut masih menjadi bagian dari edisi vinyl dari soundtrack game tersebut.

BACA JUGA  Sony Umumkan PlayStation 4 Starter Pack Terbaru - Blundling PS4 Slim 1TB Dengan FIFA 19 & Overcooked

Kasus penuduhan ini menjadi bahan diskusi oleh banyak gamer, beberapa beranggapan bahwa Stanic tidak berhak menuntut studio tersebut dikarenakan kedua lagu didasarkan dari lagu tradisional yang tidak dapat dihak ciptakan. Beberapa juga menganggap karya Stanic masih dapat dianggap sebagai karya yang orisinil miliknya dan dapat dihakciptakan meskipun perubahan yang dilakukan dari versi asli tergolong minim.

BACA JUGA  Mantan Dev. Valve: Steam Kedepannya Hanya Akan Jadi Tempat Game Indie, Shovelware dan Porno

Bagi kamu yang ingin mendengar langsung perbandingan kedua lagu, dengarkan dari menit 1:01 pada lagu Stanic serta 0:20 pada versi CD Pojekt Red pada dua video dibawah ini.

Source: Antyradio (via PCgamesn)


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item