Tidak Ada Lagi Kabel, Kini Konektor Daya di Motherboard Mampu Suplai 600W

Konektor Daya Hpce Di Motherboard

Semenjak kehadiran konektor daya 12VHPWR pada kartu grafis terbaru, ternyata tidak serta merta membuat konektor baru tersebut bebas dari masalah. Namun, tampaknya para pengembang tidak ingin menyerah untuk lakukan inovasi demi hadirkan kenyamanan para user di luar sana.

Konektor Daya Baru yang Ditanam Langsung di Motherboard

Di zaman now, PSU terbaru dikatakan harus memiliki fitur ATX 3.0, menjamin semua komponen, khususnya kartu grafis akan mendapat jatah distribusi daya secara merata tanpa masalah. Namun, tampaknya hal tersebut masih belum berhasil, karena masalah konektor daya meleleh kerap terjadi saat ditandem kartu grafis seri teratas.

HPCE bakal gantikan perkabelan yang kita kenal?

Namun, kabar gembira untuk kalian yang menantikan penyempurnaan fitur yang dirasa kebanyakan orang belum sempurna tersebut. Berdasarkan cuitan terbaru dari Momomo_US, ia membocorkan adanya pengembangan konektor High Power Card Edge (HPCE) untuk menjadi standarisasi pada motherboard ke depannya.

Implementasi fitur HPCE pada motherboard

Konektor daya HPCE ini akan tertanam langsung atau terintergrasi pada motherboard, dan mampu suplai daya kurang lebih sekitar 600W bila bocoran informasi di atas benar adanya. Jadi, kita cukup menancapkan kartu grafis pada slot PCIe, dan memastikan terpasang baik pada konektor HPCE.

Mampu Suplai Daya Kurang Lebih 600W

Pin dari HPCE dan fungsinya

Masih berdasarkan cuitan di atas, konektor daya terbaru bernama HPCE ini juga dikatakan akan mampu menyuplai daya 600W – angka yang besar mengingat distribusi daya hanya dilakukan lalui motherboard saja tanpa bantuan kabel. Ukurannya pun terbilang kecil – setara PCIe x1 yang umumnya ada pada motherboard.

Cara mendistribusikan dayanya pun terbilang unik, karena HPCE tersebut memiliki cara kerja yang kurang lebih sama dengan konektor PCIe yang kita gunakan. Bila berpatokan pada gambar di atas, setidaknya ada sekitar empat grup Pin, ditambah 16 Pin untuk distribusi daya dan 12 Pin untuk komunikasi motherboard dan kartu grafis.

Namun, belum jelas informasi apakah hanya motherboard tertentu saja yang diberi fitur ini, atau memang semua motherboard ke depannya akan dibekali fitur tersebut. Tampaknya hanya waktu yang bisa menjawabnya yah, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version