[OPINI] Konsep Karakter Wanderer Genshin Impact Terinspirasi dari Lagu Bohemian Rhapsody

wanderer genshin impact bohemian rhapsody

Bedah lagu 'Bohemian Rhapdosy' punya Queen yang Menjadi Inspirasi Karakter Wanderer Genshin Impact

Genshin Impact telah sampai di update 3.3 yang mana akhirnya dihadirkan dua karakter baru pemegang vision Anemo yang salah satunya adalah “Wanderer”. Wanderer sendiri sudah lama banget dinanti-nantikan kemunculannya sebagai karakter playable di Genshin Impact.

Dan untuk menjawab penantian para Traveler, developer akhirnya umumkan kehadiran Wanderer Genshin Impact (atau yang dulu dikenal sebagai Scaramouche) untuk ramaikan daftar playable character.

Konsep Karakter Wanderer Genshin Impact Diadopsi dari Lagu Bohemian Rhapsody

I’m just a poor boy nobody loves me

Memang tidak dikonfirmasi secara langsung oleh HoYoverse mengenai topik pembicaraan kita kali ini. Namun, beberapa detail menarik sudah cukup menjawab beberapa teori penggemar bahwa memang benar adanya konsep karakter Wanderer ini terinspirasi dari lagu Bohemian Rhapsody.

Bohemian Rhapsody sendiri adalah lagu garapan band Queen yang ditulis oleh Freddie Mercury, sang Vokalis. Lagu tersebut berdurasi 5 menit lebih dengan campuran berbagai genre; ballad, opera, dan hard rock.

Bedah lagu ‘Bohemian Rhapdosy’ punya Queen yang Menjadi Inspirasi Karakter Wanderer Genshin Impact

Lagu yang membingungkan tapi transisinya gak maksa. Maka sudah sangat pantas lagu ini memenangkan berbagai macam penghargaan dan sangat melegenda hingga sekarang. Ditambah makna liriknya yang gamblang penuh rahasia. Bahkan sampai Freddie Mercury meninggal dunia, lagu ini belum terpecahkan maknanya.

Intinya, lagu ini melegenda banget, deh! Lantas, bagian mana saja ‘kah yang membuat karakter si Wanderer terinspirasi lagu Bohemian Rhapsody? Mari kita kupas bersama!

Tanggal Drip Marketing Wanderer Genshin Impact

Drip marketing-nya barengan dengan tanggal rilis Bohemian Rhapsody

Drip Marketing itu apa sih? Buat kalian yang masih asing, Drip Marketing Genshin Impact adalah cara HoYoverse mengumumkan karakter baru yang bakal dirilis di versi selanjutnya. Biasanya diumumkan di hari yang sama dengan versi saat ini dirilis.

Misalkan, hari ini adalah update versi 3.0. Dan di hari ini pula, HoYoverse umumkan karakter yang bakal diluncurkan playable di versi 3.1 mendatang. Jadi, pemain bisa memiliki pertimbangan dan persiapan matang untuk pull di banner wish.

Drip Marketing Wanderer Genshin Impact diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2022 yang mana merupakan tanggal dirilisnya lagu Bohemian Rhapsody pertama kali. Bohemian Rhapsody sendiri diluncurkan ke publik pada tanggal 31 Oktober 1975.

Apakah sebuah kebetulan? Saya rasa tidak~ Mungkin ini menjadi hint awal dari developer bahwa konsep karakter Wanderer Genshin Impact memang terinspirasi dari lagu Bohemian Rhapsody garapan Queen.

Latar Belakang Wanderer Genshin Impact

Latar belakangnya udah mirip banget sama lagu Bohemian Rhapsody

Sebelumnya, saya sudah pernah menceritakan latar belakang Wanderer (Scaramouche) di artikel ini. Singkatnya, Scaramouche saat itu dipersiapkan sebagai ‘boneka’ Raiden untuk memimpin Inazuma. Namun, karena dia memiliki perasaan, sang ‘ibu’ membuangnya.

Kali ini, kita akan coba mencocokkan latar belakang si ganteng dengan lirik lagu Bohemian Rhapsody.

Soundtrack HoYo yang diputar saat cutscene kemunculan Scaramouche pertama kali di event Unreconciled Star berjudul “Ominous Fandango”. Sangat berkaitan dengan lirik lagu Queen yang berbunyi “Scaramouche, Scaramouche, will you do the fandango?

Anaknya Raiden Shogun

Jangan lupakan lirik lagu Bohemian Rhapsody yang banyak memanggil “Mamaaa~”. Dalam kasus Wanderer (Scaramouche), dia ini memang memiliki banyak kaitan dengan ibunya (re: Raiden Ei/Shogun). Fakta bahwa Raiden Shogun melakukan Vision Hunt Decree bahkan sampai menghilangkan nyawa seorang pria (Tomo, temannya Kazuha) juga tampaknya terinspirasi dari lirik lagu “Mamaaa, Just killed a man“.

Juga ada fakta dimana Raiden Shogun memiliki nama “Beelzebub” sebagai nama Archon, nama iblis yang disebutkan di dalam lirik lagu Bohemian Rhapsody “Beelzebub has a devil put aside for me”. Namun, daripada ‘menyisihkan’ kekuatannya, sang Electro Archon justru menyegel kekuatan ‘iblis’-nya yang ada di dalam tubuh Scaramouche.

Lirik “I’m just a poor boy nobody loves me” juga sangatlah cocok dengan figur Scaramouche yang saat itu masih berkeliaran di Inazuma. Trauma-nya dengan tanah airnya sendiri juga dipresentasikan dalam lirik lagu “Thunderbolts and lightning, very very frightening me.”

Wanderer Genshin Impact di Arc Sumeru

Ketika Gnosis Mamanya Diambil Nahida

Kemunculannya di Archon Quest Genshin Impact 3.2 benar – benar bikin merinding! Setelah mencuri gnosis ibunya, Scaramouche ternyata tidak langsung kembali ke Tsaritsa di Snezhnaya melainkan kabur ke Sumeru yang saat itu tidak memiliki Archon.

Yaaa~ sebenernya Archon-nya sih ada. Cuma tidak dianggap dan dikurung selama 500 tahun oleh Sumeru Akademiya. Memanfaatkan keadaan itu, Sumeru Akademiya menciptakan Archon baru dengan Scaramouche sebagai eksperimennya.

Kekalahan Scaramouche di Genshin Impact 3.2 juga bisa digambarkan dengan lirk Bohemian Rhapsody “Little high, little low“. Bahkan cara ia dikalahkan dengan menggunakan samsara juga merujuk pada lirik “Is this the real life? Is this just fantasy?”

Dan kini dia yang berada di bawah nauangan Nahida sang Dendro Archon juga dirujuk pada lirik Bohemian Rhapsody “Spare him his life from this monstrosity”. Yang mana sang Dendro Archon ingin membebaskannya dari segala kejahatan yang ada di dunia ini.

Wanderer Mendapat Vision Anemo

Anyway the wind blows~

Banyak yang menduga awalnya dia akan menjadi pemegang vision Electro seperti sang ibunda. Ternyata salah besar, bestie. Dia hadir sebagai pemegang Vision Anemo yang diberikan oleh Venti berbingkai Sumeru.

Tentu saja ini merujuk pada lirik “Any way the wind blows~” di akhir lagu Bohemian Rhapsody. Ah, penulis terharu banget pas nulis bagian ini. Semakin sayang deh dengan anak – anak Anemo. (emoji menangis)

Gameplay-nya juga menunjukkan bahwa Wanderer ini terindikasi sebagai Anemo DPS baru seperti Xiao. Oh, fakta menarik lainnya, Venti sebagai Anemo Archon, memberkati dua ‘anak’ Archon dengan vision Anemo. Memang sangat berjasa Archon Anemo yang satu ini.

Teaser Wanderer Genshin Impact

I wish I’d never been born at all

Teaser ini diluncurkan bersamaan dengan penjelasan singkat mengenai karakter Wanderer ini sendiri. Lagi – lagi, ia mengandung lirik lagu Bohemian Rhapsody garapan Queen.

Dalam teaser-nya, ia mengatakan “I wish I’d never been born at all”. Setelah Wanderer mengatakan hal itu, muncullah sosok Wanderer (versi sekarang) yang berdiri di depan si Wanderer sekarat. Bagian ini sangat cocok dengan lirik lagu Bohemian Rhapsody pada bagian “I see a little silhouetto of a man.”

Nah, itulah bedah konsep karakter Wanderer Genshin Impact yang terinspirasi dari lagu Bohemian Rhapsody. Bagaimana menurut kalian brott mengenai hal yang satu ini? Apakah hanya kebetulan semata saja atau memang terinspirasi dari lagu legend ini? Bagikan pendapat kalian, ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version