Konsol Terbaru Nintendo Dirumorkan akan Lebih Powerfull daripada PS4

2897983 nx

Semenjak era Wii, Nintendo memang terlihat melangkah mundur dari arena pertarungan antar konsol. Meninggalkan Xbox dan Playstation berduel selama hampir 10 tahun. Namun, mundurnya Nintendo dari jalur mainstream membawa konsol mereka ke ranah yang berbeda. Sebuah konsol dengan sebuah daya tarik tersendiri, mulai dari game-game yang dihasilkan maupun komunitas yang terbentuk. Konsol next-gen Nintendo, Wii U juga menawarkan sesuatu yang unik ketimbang harus terjebak di pertarungan klise antar konsol. Namun, kelihatannya Nintendo akan segera merubah hal tersebut dengan konsol baru mereka yang akan datang, Nintendo NX.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa Nintendo NX bukan hanya sekedar pengganti dari Wii U. Melainkan sebuah konsol baru dari Nintendo yang dibangun dari nol. Meskipun belum ada info resmi terbaru dari Nintendo, namun seorang user bernama 10k membuat sebuah thread di NeoGAF mengenai rumor rumor yang terkait dengan Nintendo NX. Dan secara mengejutkan terdapat statement bahwa nantinya NX akan lebih powerfull daripada PS4. Lebih lebih, rumor tersebut ia sebut sebagai rumor yang kuat karena berasal dari 4 sumber lebih.

Meskipun 10k tidak bisa memberikan kepastian tentang spesifikasi dari Nintendo NX nantinya, namun ia menulis bahwa CPUnya sendiri kemungkinan 15-30% daripada PS4. Dan karena CPU NX lebih powerfull maka GPU mereka juga pasti akan mengikuti, karena Nintendo sangat tidak menyukai terjadinya bottleneck pada konsolnya.

Cukup menarik bahwa Nintendo berencana kembali bertarung ke area game mainstream, yang memang hanya didominasi oleh Playstation dan Xbox. Apakah ini akan jadi era yang baru untuk Nintendo? Entahlah, yang pasti di dalam berita lain pihak Nintendo mengatakan tidak akan meninggalkan Wii U dan 3DS melainkan ketiganya akan dikembangkan sejalan. Cukup menarik apabila rumor ini nantinya benar. Yang pasti jalan Nintendo NX nantinya tidak akan mudah, karena Sony sendiri tengah mempersiapkan PS 4.5, dan Microsoft tengah mempersiapkan 2 konsol Xbox One baru untuk tahun depan.

sumber: fraghero

featured image: gamespot

Exit mobile version