Konsultan Tencent Jelaskan Pentingnya Sosial IP dan Lokalisasi untuk Luncurkan Game di Barat

in
Tencent Europe
Tencent Europe

Kadang kita menemui game negara timur tidak berhasil di barat dan sebaliknya. Kadang juga ada game yang hanya booming di negara tertentu saja. Biasanya banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, terutama faktor perbedaan dalam berbagai hal. Kadang beberapa pengembang tidak sadar faktor perbedaan ini dan malah berakhir gagal.

Dilansir dari Pocketgamers, konsultan senior Tencent, Aras Senyuz berikan tanggapan di Pocket Gamer Connects Digital # 2 tentang “Alasan mengapa game Timur Berhasil di Eropa dan AS”. PGC Digital adalah salah satu event game yang diprakarsai oleh Pocketgamers. Dimana menghadirkan banyak pembicara dari para ahli di industri game.

Tencent1

Menurutnya Salah satu pendukung terbesar untuk berhasil di Barat adalah “kekuatan IP”. Contoh dari ini adalah kemitraan Netmarble dengan Marvel pada game mobile RPG Marvel Future Fight, yang telah terbukti sangat sukses.

Di samping ini, mengutak-atik gameplay, mengubah tutorial dan lokalisasi semua diletakkan sebagai kebutuhan untuk dipertimbangkan. PUBG Mobile misalnya di Asia menampilkan karakter dengan daya tarik yang lebih “ramah anak”, namun di Barat, karakter ini ditujukan untuk pemirsa yang lebih tua.

Sementara di Asia, WeChat dan TikTok adalah suatu keharusan untuk Perbedaan bersosialisasi dengan game, di Barat ini perlu diubah menjadi Facebook, Twitter dan Instagram. Perbedaan budaya juga berlaku sama untuk event dalam game, karena pengembang tidak ingin menerapkan acara Natal ke negara yang tidak merayakannya.

Ia juga menjelaskan perbedaan antara perilaku pembelian, seperto gamer di Timur akan lebih cenderung menghabiskan segera untuk mengejar pesaing sementara pengguna di Barat akan menunggu sedikit lebih lama untuk menilai. Ini dapat bervariasi berapa lama pengembang ingin menawarkan monetisasi dalam game tertentu.

Pemaparan di atas tentunya memberikan sedikit gambaran pengaruh dari sosial, ip dan lokalisasi yang dijelaskan Aras Senyuz. Banyak hal yang mungkin tidak disadari pengaruh dari ketiga elemen tersebut untuk peluncuran game di barat. Terlihat hal tersebut juga berlaku untuk peluncuran game dari barat ke timur.


 

Avatar

Written by Ali

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com