[Kontroversi] Berhasil Capai Max Rank di Sea of Thieves, Streamer Ini Justru Malah Dibenci ?

in , ,

Sea of Thieves pada tanggal 20 Maret kemarin baru saja telah dirilis di permukaan. Game ini merupakan game multiplayer yang bertemakan bajak laut garapan Microsoft Studios melalui developer asuhan mereka, yaitu Rare. Dalam Sea of Thieves, kalian bersama dengan para teman-temanmu akan bermain sebagai bajak laut yang menjelajah berbagai macam pulau, menemukan harta karun, sampai bertarung melawan sesama bajak laut yang dikendalikan oleh para player lainnya.

Pada perilisannya, rupanya game ini memiliki progression system yang mengharuskan kamu untuk ber”grinding” ria dalam menyelesaikan misi-misi dari para 3 faksi bajak laut demi menaikkan reputasi rank untuk mereka. Sayangnya banyak player yang mengeluh karena dilaporkan bahwa misi-misi yang dihadirkan pada game ini cenderung monoton. Hal tersebut akhirnya berpengaruh pada review yang tidak terlalu positif untuk Sea of Thieves.

Berbicara tentang 3 faksi bajak laut, intinya jika kalian berhasil mendapatkan max rank untuk 3 faksi tersebut, kalian akan meraih gelar sebagai “Pirate Legend” yang rupanya merupakan satu-satunya achievement atau tujuan paling akhir kalian dalam bermain Sea of Thieves. Menaikkan reputasi rank dari masing-masing 3 faksi sampai ke rank 50 jelas bukanlah sebuah hal mudah karena membutuhkan waktu grind yang betul-betul lama. Tapi sekitar 2 minggu game ini dirilis, ternyata sudah ada satu pemain yang berhasil mendapatkan gelar bajak laut legendaris tersebut.

Seorang streamer Twitch bernama Prod1gyX (sebut saja mas Pro) akhirnya berhasil mencapai max rank di seluruh 3 faksi bajak laut dan berhak mendapatkan titel sebagai “Pirate legend” atau bisa dibilang merupakan Pirate Legend pertama dalam Sea of Thieves. Namun kesuksesan mas Pro ini rupanya sama sekali tidak mendapat reaksi yang baik bagi keseluruhan komunitas para pemain Sea of Thieves.

Karena dianggap “Curang” ?

Keberhasilan mas Pro di sini justru malah menjadi sebuah kontroversi tersendiri untuk game Sea of Thieves. Banyak player lain yang protes dan menyampaikan rasa tidak suka mereka dengan memproklamirkan hashtag #NotMyPirateLegends di berbagai medsos, sembari berharap agar Rare segera bertindak melakukan ban ataupun setidaknya tidak memberikan penghargaan lebih lagi kepada mas Pro. Kira-kira apa ya alasan yang mendasari kekecewaan para player Sea of Thieves terhadap mas Pro ini ?

Rupanya cara mas Pro untuk meraih max rank tersebut dianggap sangat tidak halal oleh para player. Akan tetapi bukan berarti bahwa mas Pro melakukan cheat atau memasukkan kode hack di dalam game ini. Sebagai streamer, ia justru memanfaatkan para fansnya untuk membiarkan dirinya bergabung sebagai crew member ketika para fans tersebut sudah hampir menyelesaikan quest. Jadi, mas Pro tidak berkontribusi apa-apa namun bisa mendapatkan reward lewat quest yang sudah diselesaikan dari mereka. Ia pun melakukan ini secara berulang-ulang dengan berpindah dari server satu ke server yang lain. Sehingga bisa dibilang bahwa apa yang dilakukan oleh mas Pro ini bisa disebut sebagai Boosting. Meskipun begitu, para fansnya sendiri sudah menyadari dan merasa tidak keberatan dengan itu semua. Mereka memutuskan untuk mendukung mas Pro karena merasa penasaran mengenai hadiah yang akan didapat dari gelar Pirate Legend tersebut.

ketidakfasihan mas Pro dalam bermain rupanya juga menjadi salah satu alasan bagi seluruh komunitas untuk berhak merasa kecewa. Dilaporkan bahwa mas Pro sendiri ternyata tidak terlalu memahami berbagai mekanisme di dalam Sea of Thieves. Bingung mengenai bagaimana cara mengganti baju dan mengatur inventory adalah salah satu contohnya. Lalu ada satu redditor yang juga menjelaskan ketidakkompetenan mas Pro dalam bermain dimana mas Pro terlalu bergantung kepada para fansnya untuk menyelesaikan sebuah teka-teki di game ini. Ia sendiripun sama sekali tidak berniat untuk berusaha dalam menyelesaikan sesuatu dan harus menunggu beragam dikte dari para fansnya.

Hadiah yang kamu dapatkan jika berhasil menjadi Pirate Legends (Spoiler)

 

Bila kalian berhasil menjadi pirate legend, kalian akan mendapat akses untuk menjelajahi area baru berupa tempat persembunyian para bajak laut legendaris yang sudah berubah menjadi hantu. Di sana kalian akan mendapat layanan untuk membeli tambahan inventory eksklusif berupa pakaian dan skin kapal. Lalu juga ada sebuah faction quest baru yang lebih menantang namun sayangnya memiliki jenis misi yang tidak jauh berbeda dengan 3 faction yang sudah kalian mainkan sebelumnya.

Melihat kontroversi di atas dan ditambah dengan rewardnya yang ternyata cuma seperti itu, nampaknya ini akan menjadi masa-masa yang berat bagi Rare. Mereka sepertinya harus mulai memikirkan untuk memberi berbagai macam tambahan konten menarik demi menjaga keawetan game ini di masa yang akan datang.

Sumber: PCgamer

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]