Kosmetik Pay to Win ?, Akhirnya Valve Rilis Skin Baru “Acolyte of the Lost Art” yang Imut

in ,

Dota 2 kembali merilis hadiah pasca pecahnya milestone baru dari hadiah TI 9. Beruntungnnya Invoker menjadi salah satu hero yang akhirnya mendapat update skin spesial miliknya sendiri, dengan bertemakan Invoker Cilik para tukang spam pro user Invoker bisa lebih bersemangat lagi mengobrak-abrik war dengan perawakan tubuh sang Joker yang lebih mungil.

Invoker Muda Hasil Dari Pemenang Kompetisi Film Pendek Dota 2

Skin Invoker’s Kid di slot Persona pertama kali terlihat di salah satu video peserta dari kompetisi film pendek Dota 2 saat TI 7 berlangsung. Sebuah akun Youtube bernama Maxime Lebled – 3D animator, merilis sebuah film pendek dimana dirinya menggambarkan bagaimana bentuk ketakutan masing-masing hero dalam Dota 2 saat terkena skill nightmare dari Bane. Ketakutan Invoker sendiri terlihat saat dirinya masih kecil dan sedang belajar mengenai kombinasi skill-skill gila miliknya. Bentuk Invoker yang imut buatan artis 3d Maxim Lebled tersebut akhirnya membawanya juara kompetisi pada TI7 dan diadaptasi menjadi skin saat TI9.

Kontroversi Pay to Win di Skin Baru Invoker

Selection box dan Hitbox itu beda

Skin tersebut memiliki model yang jauh lebih baru, voice yang imut, dan bentuknya yang amat mini. Hal ini yang kemudian jadi masalah banyak yang merasa bahwa skin Invoker ini memiliki perbedaan selection box dibandingkan dengan skin-nya yang dulu.

Perlu dipahami perbedaan antara Hitbox dan Selection Box. Hitbox adalah area dimana skill shot seperti panah mirana, hook pudge, wajib berada sehingga skill berhasil. Namun Selection box merupakan area dimana kalian bisa mengklik hero tersebut sehingga karakter bisa diberikan efek item skill targeted.

Selection box berwarna biru yang jauh lebih kecil

Berdasarkan penjelasan diatas dapat dipahami bahwa skin ini sama sekali tidak mempengaruhi area skill shot seperti Pudge Hook, Mirana Arrow, Stun Lion, Spectral Dagger dll. Namun yang berubah adalah area seleksi dimana pada gambar diatas, box berwarna biru adalah area diamana kalian bisa memberikan skill target ataupun item target kepada dirinya. Logikanya hero kecil tentu memiliki area seleksi yang kecil, karena tidak mungkin dengan skin Invoker sekarang masih memiliki area seleksi yang dulu akan musuh atau teman bisa mengklik area kosong nantinya.

Namun yang juga perlu dipahami adalah Invoker dengan skinnya yang sekarang akan terasa sangat sulit untuk di klik, bayangkan 500 ms, Eul, Ghost walk dengan selection sekecil itu akan sangat sulit menangkapnya. Hal ini tentu masih menjadi perdebatan, hingga saat ini belum ada fix yang dihadirkan oleh valve ataupun kejelasan. Namun yang pasti nampaknya ini bukan hanya item “kosmetik” lagi, karena memang sudah merubah suatu elemen tertentu dalam game terserah itu memberikan keuntungan ataupun tidak.

Jika kalian tertarik membaca berita tentang Dota 2 lagi kalian bisa klik disini. 

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person