Kreatif, Seorang Guru Gunakan Konsep Among Us Sebagai Metode Belajar!

in

Among Us bisa dibilang menjadi salah satu game tersukses di tahun 2020. Hadirkan konsep permainan berbasis Werewolf yang mudah dimengerti dan mudah diakses masyarakat umum, tentu menjadikannya salah satu hiburan utama di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung ini.

Saking populernya, seorang guru bahkan mencoba menggunakan konsep game tersebut sebagai metode belajar. Bernama Howie Yua, ia menerapkan konsep Among Us sebagai metode belajar matematika. Walaupun begitu, ia tetap menggunakan zoom sebagai platform untuk belajar secara daring. Ia menyajikan gambar beberapa player dengan 1 impostor sebagai jawaban yang salah. Lalu ia memberikan waktu pada peserta didik untuk berdiskusi pada kolom chat zoom.

Tidak sedikit murid sekolah yang merasa bahwa materi pembelajaran sulit dipahami ketika dilakukan secara daring. Mengaplikasikan sesuatu yang populer ke dalam pembelajaran tentu terasa lebih menarik dan tidak monokrom. Dan pastinya peserta didik akan lebih bersemangat mencari jawaban. Hal itu merupakan solusi terbaik karena di masa pandemi ini kita tidak bisa belajar secara tatap muka.

Namun melakukan hal tersebut tentu tidak mudah. Perlu untuk memahami konsep gamenya terlebih dahulu dan menerapkan pada konsep pembelajaran. Disisi lain, guru perlu menentukan media apa yang tepat untuk menerapkan konsep game tersebut. Namun apa yang dilakukan oleh Howie ini diharapkan bisa berikan ide lain bagi guru-guru lainnya.


Jangan lupa untuk baca artikel menarik seputar Among Us dan artikel keren lainnya dari saya Yuda Sanjaya. For any further collaboration, Contact me at [email protected]

Yuda Sanjaya

Written by Yuda Sanjaya

Person who Comeback to the Gaming world after 4 years get out to find the meaning of life.