Kreator Bayonetta Jelaskan Kerjasama Antara PlatinumGames dan Tencent

Kamiya Tencent PlatinumGames

Beberapa waktu yang lalu PlatinumGames selaku pengembang dari game-game aksi populer seperti Bayonetta dan NieR: Automata mendapatkan pendanaan dari publisher raksasa asal China, Tencent. Hal ini tentu membuat fans berasumsi bahwa Tencent ‘memegang’ kendali atas PlatinumGames, terlepas dari pernyataan PlatinumGames yang mengatakan bahwa Tencent tidak memiliki pengaruh terhadap pengembangan game-game mereka.

Baru-baru inipun Tencent kembali dikabarkan memiliki saham terbesar dari Marvelous, dimana kemudian membuat fans membuat pernyataan seperti Marvelous adalah korban Tencent berikutnya setelah PlatinumGames. Sedikit kesal melihat hal tersebut, Hideki Kamiya selaku kreator Bayonetta dan memiliki posisi penting di PlatinumGames akhirnya turun tangan untuk menjelaskan mengenai pendanaan yang diberikan Tencent beberapa waktu yang lalu.

Melansir dari Siliconera, Kamiya menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan antara PlatinumGames dan Tencent adalah; Tencent meminta diberikan prioritas lisensi jika PlatinumGames tertarik membuat game mobile dari game-game yang telah dibuat. Hideki Kamiya mencoba menjelaskan hal tersebut dengan bahasa yang mudah dimengerti anak kecil sebagai bentuk olokan kepada orang-orang yang sok tahu menahu terkait kerjasama tersebut. Berikut penjelasan Kamiya yang sudah kami coba terjemahkan ke bahasa Indonesia.

Hal ini mungkin tidak berguna karena kalian tidak akan mengerti berapa kalipun aku menjelaskannya, namun untuk jaga-jaga, hubungan kami dengan Tencent mudahnya seperti ini:

Tencent: Kami akan memberikan bantuan dana. Sesuai dengan kontrak, kami tidak akan mempengaruhi pengelolaannya sehingga kalian bisa memanfaatkan dana tersebut sebebasnya dalam membuat game yang bagus.

PlatinumGames:Oke

Tencent: Sebagai gantinya, jika kalian membuat game bagus dan ingin membuat game mobile dari game tersebut, kami memohon untuk diberikan prioritas lisensi pembuatannya kepada kami.

PlatinumGames: Oke

—Hideki Kamiya

Tencent sendiri memang agaknya lebih tertarik menghadirkan game-game mobile karena pasarnya sendiri yang cukup kencang di Asia, seperti PUBG Mobile di Asia Tenggara yang sangat sukses misalnya. Mengingat bahwa game PlatinumGames sendiri menghadirkan game NieR Reincarnation untuk mobile, tak menutup kemungkinan akan muncul game-game lainnya dari game-game buatan PlatinumGames lainnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PlatinumGames atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. You can contact the author via andy@gamebrott.com

Exit mobile version