Kreator Five Nights at Freddy’s Umumkan Pensiun Usai Kontroversi Donasi Politik

Film Five Nights At 01

Scott Cawthon, kreator dari franchise game horor indie Five Nights at Freddy’s, umumkan pensiun dan tak lagi terlibat dalam franchise tersebut. Hal tersebut diumumkannya secara langsung lewat situs resmi, dimana ia menjelaskan bahwa ia mungkin masih akan tetap melanjutkan membuat game sebagai hobi dan juga untuk anak-anaknya, tetapi ia telah pasti tidak akan kembali untuk game-game FNAF selanjutnya.

Pensiun dadakan dari Cawthon ini disebut-sebut karena kontroversi beberapa hari terakhir dimana ia ketahuan memberikan donasi kampanye politik untuk beberapa politisi republikan termasuk mantan presiden Donald Trump yang notabene dianggap tidak mendukung gerakan LGBTQ. Hal tersebut membuat sebagian fans merasa kecewa dan menanggapinya dengan negatif, mulai dari kritik panas, cancel culture hingga doxxing.

Cawthon sempat menolak untuk memberikan permohonan maaf atas donasinya tersebut, merasa kalau aksinya itu wajar dan merupakan “hal yang tidak perlu saya memohon maaf”. Namun situasi tampaknya telah berubah hingga ia merasa sudah saatnya untuk mundur dari posisinya.

“Saya tidak lagi melakukan ini [membuat game] untuk uang; Saya melakukannya karena saya menikmatinya,” tulis Cawthon. “Apabila orang berpikir saya telah lebih banyak melakukan hal yang menyakiti ketimbang hal baik, maka mungkin lebih baik saya ‘di-cancel’ dan pensiun. Saya mampu menerimanya. Saya telah memenuhi karir saya. Lagipula, banyak hal yang orang dapat ambil darimu ialah hal yang tidak begitu berharga sejak awal.”

Ia juga menjelaskan bahwa kepergiannya takkan berarti FNAF akan berhenti begitu saja. Franchise populernya akan dikerjakan oleh sosok baru. Dia akan umumkan hal tersebut di lain waktu.

“Apakah ini akhir dari FNAF? Tidak. Ini hanya berarti orang lain akan mengurusnya, seseorang yang saya pilih, seseorang yang saya percaya. Kita tunggu saja bagaimana kelanjutannya nanti, tetapi yang pasti sebuah pengumuman bakal dilakukan kapan-kapan,” tulisnya.

Dia menutup postingannya dengan mengatakan bahwa kesuksesan FNAF telah membuatnya lupa akan banyak hal termasuk keluarga, harapnya dengan pensiun ini dia dapat kembali mengurus keenam anaknya.

Game terbaru dari seri horor ini yaitu Five Nights at Freddy’s: Security Breach akan meluncur sewaktu-waktu di tahun 2021. Film adaptasi juga masih dalam pengembangan dan telah memasuki sesi filming di tahun ini.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version