Kreator Game Cult Classic ‘Syberia’ Meninggal Dunia

Zemrel Tvrce Adventur Syberia 1622292423974

Benoît Sokal, artis komis asal Belgia sekaligus kreator dari game petualangan berjudul Syberia, hembuskan nafas terakhir pada umur 66 tahun. Menurut pernyataan dari sang publisher yaitu Microids, beliau meninggal pada 28 Mei lalu dikarenakan penyakit jangka panjang yang tidak dispesifikasikan.

Sebelum memulai perannya di industri game, Sokal memulai karir dengan menciptakan komik berjudul Inspector Carnado yang menceritakan petualangan dari seorang detektif bebek yang dimana dirilis pada tahun 1970-an. Cerita dari komik tersebut dipergunakan kembali ketika ia memulai terjun ke industri game untuk game pertamanya – Amerzone.

Usai kembangkan game perdananya, Syberia diciptakan pada tahun 2002 dan menjadi game yang cukup sukses dan sempat menjadi best-seller. Game tersebut mungkin bukanlah blockbuster layaknya game kelas AAA yang beredar, namun setidaknya mengumpulkan komunitas fans tersendiri dan memegang status cult classic.

Sokal sempat hengkang dari Microids untuk membangun studio baru yaitu White Bird Productions dan kembangkan game adventure lainnya berjudul Paradise dan Nikopol: Secrets of the Immortals. Sayangnya kedua game gagal meraih penjualan serupa layaknya Syberia.

Tak lama kemudian, Sokal kembali ke Microids dan kembangkan game ketiga dari Syberia yang dimana dirilis pada 2017 silam. Syberia: The World Before diumumkan pada tahun 2019 lalu dan telah dalam pengembangan selama 18 bulan. Sokal telah berkontribusi sebisanya pada proyek tersebut, namun sayang takdir telah memanggilnya terlebih dahulu sebelum game rampung dan dirilis.

Meski dengan kepergian sang kreator, Syberia: The World Before akan terus dikembangkan oleh tim Microids. Belum dipastikan kapan game tersebut akan dirilis.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version