David Jaffe merupakan sosok yang dikenal sebagai kreator dari God of War (2005) serta desainer dari beberapa seri Twisted Metal. Setelah merilis Drawn to Death yang tidak sesukses dua franchise legendaris yang pernah dia kerjakan sebelumnya, Jaffe beberapa hari silam ungkapkan apabila dirinya ragu akan kembali lagi kerjakan game.
Setelah selesai dengan karirnya tersebut, kini dia lebih fokus melakukan livestreaming dan Youtube dimana terkadang dia berikan perspektifnya akan kondisi industri game saat ini. Salah satu kritik paling kontroversial yang dia keluarkan baru-baru ini ialah kritiknya akan desain game AAA sekarang yang dia anggap terlalu repetitif atau begitu-begitu saja. Dia mengambil franchise anyar dari Naughty Dog yaitu Uncharted sebagai contoh. Dia menyampaikan lewat video bahwa Uncharted 4: A Thief’s End hanyalah versi lebih cantik dan budget lebih besar dari game pertama. Seluruh aspek gameplay yang ditawarkan game keempat tidak berbeda dengan seri awal yang dirilis pada tahun 2007 tersebut.
Current Triple A video games are dying.
You just don't know it yet…https://t.co/KplOT3mkZk
— David Jaffe (@davidscottjaffe) November 23, 2018
Tentunya kritik ini sedikit dibalas negatif oleh gamer lain. Jaffe membandingkan dua game dari franchise yang sama, tentu akan ada kesamaan gameplay dan tidak akan masuk akal apabila kedua game miliki perubahan gameplay yang sangat drastis kecuali itu semacam spinoff. Jaffe membalas pendapat tersebut dengan menjelaskan kembali apabila game baru seharusnya menambahkan mekanik level yang benar-benar baru, Uncharted 4 baginya hanya tidak mengubah apapun dari apa yang ada di Uncharted pertama.
The point of doing that is to say: what I did in 2001 with U1 PLAYS THE SAME (within most people's minds) as what I did in U4. At a pure mechanics level, the game isn't offering anything meaningfully new and FOR ME that is what I want in my games.
— David Jaffe (@davidscottjaffe) November 23, 2018
Dia tidak ada maksud berkata apabila Uncharted adalah franchise yang buruk. Dia menekankan kembali apabila sangat menyenangi Uncharted dan bahkan menganggap Naughty Dog ialah salah satu studio yang dia angggap yang terbaik karena eksekusi mereka yang matang. Hanya saja, dia merasa desain game AAA sekarang terlalu repetitif dan terlalu bermain aman akan mekanik yang dianggap sukses. Dia beranggapan apabila studio AAA sekarang harus berani lakukan elemen dan mekanik baru yang dapat membedakan game satu dengan sekuelnya.
Who in the world said Uncharted is bad?!? I sure as fuck didn't. Also, in that very video I talk about how Naughty Dog is second to MAYBE only Sony Santa Monica when it comes to execution. Do I think the AAA 3rd person action/adv genre is atrophying and that Uncharted is a great https://t.co/5iPuaArdsp
— David Jaffe (@davidscottjaffe) November 23, 2018
I think the job with sequels is to provide a blend of comfort food gameplay and news and surprising. I think most AAA games drop the ball on the new and surprising.
— David Jaffe (@davidscottjaffe) November 23, 2018
Dia percaya apabila pendapat negatifnya ini akan disetujui oleh gamer dalam 3-4 tahun mendatang apabila studio AAA sekarang masih tetap terlalu takut untuk berikan sesuatu yang baru.
Right, which is why I say me- and others like me- are the canaries in the coalmine. In 3-4 years, my view will be most gamer's views. Just like back in the 90's game devs were getting sick of 2D mascot platformers YEARS before the audience was.
— David Jaffe (@davidscottjaffe) November 23, 2018
Apakah kamu setuju dengan pendapat dari kreator God of War pertama ini? Apakah menurutmu studio game kelas AAA sekarang terlalu bermain aman di tiap game yang mereka rilis?