Kreator God of War Pertama Kritik Game AAA Sekarang Terlalu Repetitif

god of war ghost of sparta

David Jaffe merupakan sosok yang dikenal sebagai kreator dari God of War (2005) serta desainer dari beberapa seri Twisted Metal. Setelah merilis Drawn to Death yang tidak sesukses dua franchise legendaris yang pernah dia kerjakan sebelumnya, Jaffe beberapa hari silam ungkapkan apabila dirinya ragu akan kembali lagi kerjakan game.

Setelah selesai dengan karirnya tersebut, kini dia lebih fokus melakukan livestreaming dan Youtube dimana terkadang dia berikan perspektifnya akan kondisi industri game saat ini. Salah satu kritik paling kontroversial yang dia keluarkan baru-baru ini ialah kritiknya akan desain game AAA sekarang yang dia anggap terlalu repetitif atau begitu-begitu saja. Dia mengambil franchise anyar dari Naughty Dog yaitu Uncharted sebagai contoh. Dia menyampaikan lewat video bahwa Uncharted 4: A Thief’s End hanyalah versi lebih cantik dan budget lebih besar dari game pertama. Seluruh aspek gameplay yang ditawarkan game keempat tidak berbeda dengan seri awal yang dirilis pada tahun 2007 tersebut.

Tentunya kritik ini sedikit dibalas negatif oleh gamer lain. Jaffe membandingkan dua game dari franchise yang sama, tentu akan ada kesamaan gameplay dan tidak akan masuk akal apabila kedua game miliki perubahan gameplay yang sangat drastis kecuali itu semacam spinoff. Jaffe membalas pendapat tersebut dengan menjelaskan kembali apabila game baru seharusnya menambahkan mekanik level yang benar-benar baru, Uncharted 4 baginya hanya tidak mengubah apapun dari apa yang ada di Uncharted pertama.

Dia tidak ada maksud berkata apabila Uncharted adalah franchise yang buruk. Dia menekankan kembali apabila sangat menyenangi Uncharted dan bahkan menganggap Naughty Dog ialah salah satu studio yang dia angggap yang terbaik karena eksekusi mereka yang matang. Hanya saja, dia merasa desain game AAA sekarang terlalu repetitif dan terlalu bermain aman akan mekanik yang dianggap sukses. Dia beranggapan apabila studio AAA sekarang harus berani lakukan elemen dan mekanik baru yang dapat membedakan game satu dengan sekuelnya.

Dia percaya apabila pendapat negatifnya ini akan disetujui oleh gamer dalam 3-4 tahun mendatang apabila studio AAA sekarang masih tetap terlalu takut untuk berikan sesuatu yang baru.

Apakah kamu setuju dengan pendapat dari kreator God of War pertama ini? Apakah menurutmu studio game kelas AAA sekarang terlalu bermain aman di tiap game yang mereka rilis?

Exit mobile version