Kreator Minecraft Hapus Akun Twitter Usai Meminta Youtuber Stop Bahas Politik

in ,
2449572ce5740fb2fec7c11a7b920ad1

Markus Persson merupakan kreator di balik Minecraft. Usai kreasinya dijual ke Microsoft, dia kini lebih sibuk bermain sosial media khususnya Twitter. Pria asal Swedia tersebut menjadi sosok yang kontroversial karena beberapa komentar sosialnya di sosial media hingga Mojang, studio yang ia dirikan, perlahan menjauhkan diri darinya mulai dari tidak mengundangnya ke pesta ulang tahun ke-10 Minecraft serta menghapus credits namanya dari game.

Kini pria yang dikenal sebagai “Notch” ini telah menghapus Twitter-nya setelah beragumen dengan jurnalis game Mark Brown atau yang lebih sering dikenal komunitas gamer sebagai pemilik channel Game Maker’s Toolkit.

Beberapa hari silam, Mark Brown kritik Youtube yang mengisi videonya dengan iklan kampanye Donald Trump.

“Bulan ini saya lakukan eksperimen, saya taruh iklan yang bisa di-skip di salah satu episode GMTK untuk pertama kalinya,” Tulis Mark Brown. “Channel ini dapatkan pendapatan ekstra sebanyak £1,000 – yang keren sebenarnya, tetapi saya tak merasa itu cukup untuk membenarkan pengalaman menonton yang lebih buruk (termasuk iklan kampanye pemilihan ulang _____” tambahnya dengan menyensor tokoh politik yang ia permasalahkan.

Notch membalas cuitan Brown dengan meminta dia stop bicarakan politik, mungkin karena Notch merasa poltik tak pantas dibawa di akun sosial media seorang analis game. Mark Brown kemudian membuat sebuah taruhan, dia akan stop bahas politik jika Notch berani menghapus akun Twitter-nya. Tanpa disangka, Notch setuju dan benar-benar mematikan akunnya.

Kemungkinan besar Notch akan aktifkan kembali akunnya setelah argumen ini mereda. Twitter miliki batas waktu 30 hari untuk reaktivasi akun, maka penghapusan ini tidaklah permanen, setidaknya untuk sementara. Namun tetap saja ini menjadi kasus debat politik yang absurd dari sang kreator Minecraft. Dirinya miliki reputasi buruk ketika bicara soal politik, dan tampaknya ia tak mau berhenti dengan kebiasannya tersebut.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.