Kreator No Man’s Sky Sarankan Fallout 76 dan Anthem “Diam dan Menjauh dari Pers” Usai Perilisan Game Tak Sesuai Ekspektasi

in , , ,

Pada saat pertama kali rilis, No Man’s Sky dicaci maki oleh internet akan tidak sesuai antisipasi. Menjadi bahan tertawaan dan contoh buruk di awal perilisan, Hello Games berhasil memperbaiki reputasi mereka dengan dedikasi tinggi terhadap konten post-launch dari game tersebut.

Perjalanan menuju redemption tersebut tentunya tidaklah mudah. Tetapi kata kunci yang digunakan oleh founder studio Sean Murray ialah satu – Sabar. Dari pengalamannya inilah, dia menyarankan developer dari kedua game dengan nasib sama, Fallout 76 dan Anthem, untuk melakukan hal serupa sepertinya yaitu menjauh dari pers.

Lewat wawancara bersama Gamesradar, Sean Murray jelaskan jika mereka usai respon buruk dari pembeli lebih memilih untuk berdiam dan menjauh dari pers dan fokus terhadap konten post-launch dari No Man’s Sky. Ya, tentu orang akan mencaci maki dan menetertawakan, tetapi lewat dedikasi dan eksekusi yang baik, game seburuk apapun di awal rilis dapat menemui titik dimana pemain dapat mengapresiasinya.

“Kami saat itu menghilang dari pers selama sekiranya 2 tahun, dan kami diam selama 3 bulan dari komunitas kami juga. Hal tersebut sangatlah sulit. Saya duduk beberapa kali dan menulis blog yang pas untuk jelaskan semuanya tentang progres pengembangan game sekaligus roadmap kedepannya. Namun saya bisa melihat hal tersebut tidak selalu berjalan lancar melihat kredibilitas kami saat itu.”

Strategi diam Murray ini dapat dinilai berhasil. Ketimbang terus-terusan membujuk dan berjanji terhadap pemain jika game mereka akan lebih baik dan terus diperbarui kedepannya, mereka lebih memilih diam dan benar-benar fokus terhadap janji tersebut.

“Telah ada beberapa game yang hadapi launching yang buruk, sekaligus jumlah pemain banyak yang terus menemukan masalah di game. Saya bisa mengerti EA, Microsoft, dan Bethesda mencoba untuk menenangkan pemain mereka lewat berbicara, tetapi benar atau tidak aksi tersebut, ia tidaklah berhasil sama sekali. Kalian sudah sering melihat banyak publisher mencoba komunikasi terhadap komunitas mereka dan mencoba perbaiki tiap masalah yang ada di game kemudian. Bicara akan fitur ketika game sudah keluar tidaklah kredible maupun menarik. Aksimu lah yang lebih penting ketimbang apa yang kamu katakan.”

No Man’s Sky saat ini telah berumur 3 tahun dan telah dipenuhi konten yang sebagiannya ialah janji yang tak sempat direalisasikan di versi original game. Mungkin derita post-launch Hello Games ini bisa menjadi pelajaran untuk developer lainnya.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.