Kreator PUBG: Saya Sudah Selesai dengan Genre Battle-Royale

in ,

Brendan ‘PlayerUnknown’ Greene menjadi tokoh utama dalam trend genre battle-royale dalam beberapa tahun terakhir. Kesuksesan PUBG menjadi sesuatu yang tak ia ekspektasi akan sebesar ini. Namun segala sesuatu akan berakhir suatu hari, dan Greene tampaknya telah ingin move-on dari genre yang telah ia populerkan.

Greene saat ini tengah sibuk membentuk tim baru untuk “proyek spesial”. Bluehole memberikan Greene kesempatan untuk kembali ke Eropa dan mulai proyek baru. Meski telah sukses ciptakan genre game baru, dirinya akui untuk proyek satu ini Bluehole tidak memaksanya untuk melakukan hal serupa. Dia diberi kebebasan untuk kembangkan game yang dia inginkan.

Game baru dari Greene ini tampaknya akan jauh berbeda dari PUBG. Meskipun dia belum tahu pasti akan seperti apa game keduanya ini, dia tampaknya lebih inginkan game keduanya menjadi sesuatu yang kooperatif ketimbang kompetitif.

“Saya ingin telusuri pengalaman interaksi online dan bagaimana menghubungkan orang dengan cara yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.”

Greene tekankan jika dia telah lelah dengan battle-royale dan tidak ada rencana untuk sekuel PUBG setidaknya dalam waktu dekat ini. Dia ingin terjun ke genre baru mau itu sesuatu yang memang dia ciptakan atau inovasi pada genre yang telah ada.

“Konsep last man standing itu bagus, tetapi itu sudah saya lakukan. Saya tidak terlalu punya rencana untuk PUBG 2. Saya sudah selesai dengan battle-royale, sudah saatnya mencoba sesuatu yang baru.”

Greene kembali bicarakan bahwa dia tidak miliki tekanan apapun untuk game kedua ini. Meski dengan kesuksesan besar yang diraih PUBG, Bluehole tidak memaksa Greene untuk ciptakan kesuksesan yang sama dua kali berturut-turut lewat game kedua ini. Baginya, game kedua ini lebih ke semacam eksperimen dan dirinya beruntung diberikan dana dan tanpa deadline untuk lakukan eksperimen tersebut.

Untuk genre battle-royale sendiri, dia berharap genre yang ia populerkan ini terus berkembang, tetapi dalam konteks karena developer tersebut mau perbarui genre tersebut, bukan untuk sekedar ikut trend dan dapatkan uang cepat.

“Saya juga ingin melihat battle-royale berkembang, dan melihat lebih banyak orang yang membuat battle-royale mereka sendiri karena kemauan mereka ketimbang mencoba untuk menghasilkan uang cepat. Apex Legends lakukan kerja yang bagus, mereka tidak mencoba membuat hype heboh, mereka hanya umumkan game tersebut mendadak dan berikan game yang memang bagus.”

Source: Gamesindustry


Baca berita lain terkait PUBG serta artikel lain dari penulis ini.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.