Kreator Smash Bros Puji Cyberpunk 2077, Akui Mengerti dengan Situasi yang Dihadapi Developer

in , , ,
Cyberpunk 2077 Sakurai Review Smash

Perilisan Cyberpunk 2077 jauh dari optimal, banyaknya bug dan masalah teknis yang terjadi di game membuat reputasi rilisan terbaru CDPR ini jauh merosot dalam beberapa minggu terakhir. Game masih miliki fondasi yang spektakuler, namun banyak gamer yang hilang ketertarikan untuk mencoba karena pers buruk yang game terima.

Di sisi lain, sutradara sekaligus kreator dari Super Smash Bros, Masahiro Sakurai, justru memuji game CDPR tersebut dan juga respon mereka dalam menghadapi pers buruk.

Lewat wawancara bersama Famitsu (via Dualshockers), Sakurai akui bahwa pengalaman bermain di console jauh dari optimal, namun memainkannya di PC ialah hal yang berbeda drastis. Ia sadar bahwa game ini dihadapi dengan banyak masalah teknis dan ia puji usaha studio asal Polandia tersebut dalam mengembangkan proyek seambisius ini dan juga respon terbuka mereka terhadap backlash.

“Ini ialah situasi yang langka terjadi, tetapi saya secara pribadi memandang kejujuran CD Projekt Red dalam merespon permasalahan mereka sebagai sesuatu yang langka juga,” Ucap Sakurai saat ditanyai soal pendapatnya terhadap rilis kontroversial Cyberpunk 2077.

Sakurai2020 1

Menurut “ayah” dari Super Smash Bros dan Kirby tersebut, Cyberpunk 2077 ialah proyek game idamannya. Ia selalu berangan-angan dapat mengembangkan game dengan skala sebesar dan seambisius game CDPR tersebut sepanjang karirnya.

“Cyberpunk 2077 ialah salah satu game idaman saya dan saya terpukau dengan betapa banyak kerja keras yang ditumpahkan dalam [game] ini.”

Dengan betapa besarnya skala proyek game tersebut, Sakurai merasa telah memaklumi masalah teknis yang terjadi di versi rilis. Pandemi global yang terjadi sekarang juga menambah buruk situasi yang harus dihadapi para developer.

“Ketika game garapanmu melampaui batas layaknya Cyberpunk 2077, saat pengembangan maupun setelah rilis, ia takkan mencapai tingkat perfoma yang diharapkan. Karena optimisasi ialah proses tanpa akhir. Bisa dibilang, perkiraan performa itu memang ditentukan selama pengembangan, tetapi kenyataan ia seperti berjalan di tali yang tak pernah berakhir,” jelas Sakurai yang mengapresiasi kerja keras CDPR.

“Sebuah keajaiban untuk judul game AAA dapat rilis di beberapa platform di hari yang sama,” tambahnya.

Sebagai developer yang telah lama berada di industri game. Sakurai merasa dirinya mengerti betapa kacau proses pengembangan Cyberpunk 2077 dan respon terbuka yang mereka umumkan sebelum dan sesudah game rilis menjadi sesuatu yang harus diapresiasi. Pada akhirnya, meski game jauh dari posisi optimal, ia mendukung penuh CDPR dan Cyberpunk 2077.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.